web analytics

Upacara Penutupan Pertika II Rektor Ajak Anggota Pramuka Mengikat Janji Jalankan Amanat Pramuka Indonesia

uin-suska.ac.id Sejak sepekan silam tepatnya Sabtu siang  (11/4), ada pemandangan yang tampak tak biasa di kampus UIN Suska Riau. Tenda-tenda perkemahan tampak berjejer di salah satu areal kampus, yang terletak di sebelah timur gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa  (PKM) UIN Suska Riau itu.

Ternyata para pemilik tenda ini merupakan para peserta Perkemahan Bakti Pramuka (PERTIKA) II, yang melakukan perkemahan di areal yang dijuluki Bumi Perkemahan Raudhatul Jami’ah ini. Para peserta perkemahan, berjumlah sekitar 572 orang. Mereka berasal dari 29 SMU sederajat yang ada di seluruh penjuru provinsi Riau, Tiga Perguruan Tinggi, yakni  Universitas Riau (UR), STAI Tembilahan dan Universitas Islam Indragiri.

Acara yang diselenggarakan Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Kota Pekanbaru 08-59/08-060 UIN Suska Riau itu berlangsung selama lima hari, yang berakhir Rabu (15/4). Puncak acara ditandai dengan upacara penutupan, yang berlangsung dihalaman gedung rektorat UIN Suska Riau.

Dalam laporan ketua Sangga Kerja Pertika II pada upacara penutupan ini disebutkan, Pertika merupakan sebuah kegiatan perkemahan dengan sasaran membentuk kader pemimpin bangsa, pengembangan masyarkat, pencipta lingkungan yang aman serasi, rapi dan indah. Disamping masuk dalam program kerja Gudep 08-59/08-060 UIN Suska Riau tahun ini, dari acara ini juga diharapkan akan memberikan motivasi pada anggota pramuka agar selalu mengabdi pada bangsa, negara dan masyarakat.

Pertika yang merupakan kedua kalinya ini mengangkat tema, dengan terselenggaranya Pertika II tahun 2015, kita wujudkan anggota pramuka yang memiliki karakter jiwa kepemimpinan, dan memiliki rasa tanggung jawab serta memiliki pengetahuan, ketrampilan dan kecakapan psikis dan fisik yang lebih mantap, dalam mengintegrasikan diri di masyarakat. Pertika II ini juga memiliki  motto Ikhlas Bhakti Bina Insani Kreasi Islami.

Adapun jenis kegiatan yang dilakukan dalam Perika II ini disamping perkemahan, para peserta dibina tentang ukhwah persaudaraan, bhakti, prestasi,  pengetahuan dan permainan rakyat.

Sementara itu Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr Munzir Hitami, MA selaku pembina upacara dalam sambutannya mengharapkan para peserta dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari kegiatan ini. Hal ini penting sebagai bahan materi dalam mengangkat kapasitas diri baik sebagai anggota gerakan pramuka Indonesia, maupun anggota masyarakat yang diharapkan bisa menjadi pelopor kebangkitan disegala bidang kemasyarakatan.

Atas nama UIN Suska Riau, rektor yang juga Kepala Mabigus 08-059/08-060 Gudep UIN Suska Riau,  menyampaikan selamat kepada para pemenang dalam rangkaian kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan. “Meskipun yang hadir disini saya anggap semuanya pemenang, tapi ini pemenang diantara pemenang. Ungkap rektor bersemangat.

Terakhir rektor mengajak para anggota pramuka untuk mengikat janji dan tekad untuk melaksanakan amanat-amanat yang diembankan pada pramuka Indonesia. Upacara penutupan ini juga ditandai dengan penurunan bendera kegiatan dan pelepasan tanda peserta. Setelah upacara penutupan selesai, juga diumumkan para pemenang lomba dan kegiatan. Dimana juara umum diraih anggota pramuka dari Universitas Riau, dan piala langsung diserahkan rektor.

Penulis : Suardi
Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply