web analytics

Di Hadiri 200 Delegasi dari 45 Universitas Se Indonesia UIN Suska Riau Tuan Rumah Seminar Nasional dan Rakornas serta LKMP ISMPI

uin-suska.ac.id UIN Suska Riau menjadi tuan rumah Seminar nasional, Rakornas dan Latihan Kepemimpinan (LKMP) Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI). Acara pembukaan digelar di gedung Islamic Center, UIN Suska Riau Selasa, (17/3).

Dalam pembukaan yang berlangsung penuh kemeriahan, turut hadir Menteri Pertanian yang diwakili Kepala Badan Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dr Tjuk Eko Hari Basuki Mpt, Staf ahli Informasi dan Komunikasi pemuda dan Olahraga, Dr Amung Ma’mun, Mpd, Plt, Gubernur Riau yang diwakili Kadis Pendidikan dan Parawisata, Dr Ir H Dwi Harto Suparno, Walikota Pekanbaru dan Bupati Kampar, H. Jefri Nur, SH.

Dalam sambutannya, Ketua panitia Ayut Rumpoko mengungkapkan acara yang berlangsung selama dua hari ini, dihadiri 200 orang delegasi, dari 45 universitas dari seluruh Indonesia. Sementara itu Ketua BEM FPP Uin Suska Riau Fahrul Rozi berharap, acara ini tak hanya sekedar seremonial belaka, melainkan ajang untuk bersinergi dengan berbagai pihak terkait dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia menjadi lumbung pangan Asia Fasifik. “karna Indonesia kaya dengan tanaman pangan” ungkapnya dengan penuh semangat sambil meneriakkan yel-yel mahasiswa dan ISMPI.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan, Dr Edi Erwan, Spt, M.Sc menyampaikan, ISMPI mempunyai peran strategis ditengah Indonesia yang dijuluki sebagai tanah surga karena kesuburannya, dalam mewujudkan cita-cita bangsa mencapai swasembada pangan. Untuk itu ISMPI diharapkan memiliki desain dalam menciptakan desa-desa binaan di Riau menjadi desa-desa mekar dalam hal pertanian. Apalagi memasuki penerapan Masyarakat Ekonomi Asian (MEA) 2015, dimana tak ada lagi hambatan dan batasan bagi Negara-negara Asia Tenggara untuk memasukkan produk-produknya termasuk produk pertanian ke Negara Asia lainnya. “disinilah peran ISMPI khususnya dalam hal produk pertanian sangat dituntut” ujar Edi.

Disisi lain, Sekjen ISMPI Ananda Bahri Prayuda dalam sambutannya mengungkapkan, mengutip Prof Soewarno, bahwa “hidup matinya suatu bangsa tergantung pertanian”. Hal ini menunjukkan, betapa pentingnya pertanian bagi suatu bangsa. Untuk itu Indonesia sebagai bangsa yang besar dengan limpahan SDA bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi kesejahteraan bangsa. “dimana sebagian besar rakyat Indonesia merupakan petani” ungkapnya. Mahasiswa khususnya yang tergabung dalam ISMPI juga diharapkan aktif mengontrol pelaksanaan program-program pertanian. “karena tak tertutup kemungkinan ada pihak-pihak yang melakukan penyelewengan-penyelewengan seperti pupuk subsidi dan sebagainya, demi keuntungan pribadi atau kepentingan kelompok lainnya.

Sementara  itu Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA dalam sambutannya berharap seminar dan Rakornas ini akan menghasilkan pemikiran-pemikiran bernas dibidang pertanian khususnya. “pemikiran-pemikiran bernasitu juga diharapkan bisa dipraktekkan masyarakat dalam pemanfaatan lahan” ujar Rektor. Apalagi ditengah isu krisis pangan dunia, dan juga dampak lingkungan yang tengah digembar-gemborkan saat ini. “mudah-mudahan pertemuan ini juga bisa membawa solusi terhadap isu-isu tersebut” ungkap Munzir menambahkan.

Seiring dengan itu, plt. Gubernur Riau yang diwakili Kadis Pendidikan dan Pariwisata, Dr Ir H Dwi Harto Suparno dalam sambutan yang dibacakannya menyatakan, pertemuan ini sesuai dengan visi misi Pemprov Riau dalam pembangunan program pertanian. Pertemuan ini diharapkan memiliki makna penting dimasa depan, dalam menuju bangsa yang lebih baik lagi dibidang pertanian. Apalagi ditengah tingginya pertumbuhan penduduk dan Sumber Daya Alam dan sumber energi yang makin berkurang. “ini diharapkan bisa menjawab tantangan tersebut” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Dwi Harto juga membuka seminar dan Rakornas secara resmi. Dilanjutkan dengan pendeklarasian Desa mitra kelompok Tani Harapan Maju Jaya, kelurahan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Acara juga diisi prosesi penyerahan dan penyematan tanda peserta yang dilakukan rektor UIN Suska Riau, didampingi Wakil Rektor III, Dr Tohirin, M.Pd.

Penulis : Suardi, M.I.kom

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply