web analytics

Implementasikan Kerjasama IKPP Jemput Rektor dan Rombongan Dengan Helikopter di Kampus

uin-suska.ac.id Tepat sekitar pukul 09.00 WIB Kamis (19/3) kemarin, civitas akademika UIN Suska Riau dan masyarakat sekitar, dicengangkan deru mesin suara helikopter yang terbang rendah dan berputar-putar di areal lapangan sepak bola kampus UIN Suska Riau panam Jl HR Soebrantas No 155 KM 15 Simpang Baru Panam Pekanbaru. Tak pelak, angin kencangpun berhembus menerpa pepohonan yang ada di pinggir lapangan bola

Tak lama berselang, Helikopter berbadan sedang jenis eurocoupter bercorak merah itu  pun mendarat tepat ditengah lapangan sepak bola Kampus Islami Madani tersebut. Sejurus kemudian Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA, Wakil Rektor III, Dr Tohirin, M. Pd dan Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan, Dr Edi Erwan Spt  Msc,  tampak berlari tergopoh-gopoh dari pelataran Fakultas Pertanian dan Peternakan (Fapertapet) sambil dituntun petugas yang turun dari heli.

Setelah rektor dan rombongan masuk,  Heli bertuliskan Sinar Mas Group tersebut pun kembali terbang ke udara. Seperti diceritakan rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA ketika ditemui diruang kerjanya Jum’at (20/3) kemarin, peristiwa tersebut terkait implementasi kerjasama antara UIN Suska Riau dengan PT Indah Kiat Pulp and Peaper (IKPP). Dimana, beberapa waktu yang lalu, UIN Suska Riau dengan Fapertapet sebagai leading sector nya, telah menyepakati perjanjian kerjasama di bidang pertanian dan penelitian dengan IKPP.

Pada kesempatan tersebut, pihak IKPP sengaja membawa rektor dan rombongan berkeliling di areal HTI yang dikelola PT Arara Abadi. Disamping areal HTI, rombongan juga diajak mengamati hutan pepohon gambut yang diprakarsai IKPP. Rombongan juga dibawa berkeliling di areal hutan Biosfer Giam Siak Kecil, tempat rencana kerjasama penelitian antar kedua pihak akan dilakukan. Selain itu, IKPP juga membawa rektor dan rombongan memantau langsung dari udara, kondisi-kondisi hutan asli di Riau yang masih lestari baik dari segi tanaman maupun areal yang memang sengaja dijaga agar tak dijamah sama sekali oleh tangan-tangan manusia.

Tak hanya itu, rombongan juga diajak menyaksikan langsung bagaimana sistem pengelolaan lahan yang dilakukan IKPP. “dimana mereka sudah tak ada lagi melakukan pembakaran hutan untuk pengelolaan lahan” ungkap rektor. Disamping itu rektor juga diajak menyaksikanpengelolaan limbah kayu untuk dimanfaatkan menjadi pupuk kembali.

Intinya, kita mendukung tujuan pengembangan akademik dengan IKPP, apalagi terkait penelitian. Dimana penelitian ini tentunya membutuhkan fasilitas dan lahan. Semoga kerjasama ini akan mendatangkan manfaat bagi bangsa ini” tutup rektor.

Penulis : Suardi, M.I.kom

Tim liputan Suska News (Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply