web analytics

RAIH NILAI KOPERASI BERKUALITAS JALINUS DAPAT HADIAH UMROH RAT KPRI UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id – Sudah menjadi tradisi sejak tahun 2013 lalu, dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT), pengurus Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) UIN Suska Riau juga berbagi hadiah. Dimana hadiah utamanya berupa  pemberangkatan umroh ke tanah suci makkah, kepada para anggota yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan UIN Suska Riau.

Maka pada RAT tahun buku 2014 yang digelar di Auditorium lantai V, gedung Rektorat UIN Suska Riau, Rabu (4/3) kemarin, dalam pencabutan undian yang dilakukan wakil rektor I Dr Hj Helmiati, M.Ag, salah seorang anggota yang juga Kasubbag Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau, Jalinus, S.Ag berhasil mendapatkan hadiah Umroh senilai 28 juta rupiah.

Dalam acara yang ramai diikuti para anggotanya, ketua pengurus KPRI UIN Suska Riau, Drs Suhaimi, D, MSi dalam sambutannya mengatakan, hingga Desember 2014 anggota KPRI UIN Suska Riau berjumlah 561 orang. Meski hanya bergerak dalam usaha simpan pinjam, namun sejak 2013 hingga 2014 telah mengalami kenaikan sebesar Rp 230.000.000,-. Disamping itu KPR juga berhasil meningkatkan  pendapatan usaha sejak 2013 sampai 2014 sebesar Rp 166.468.550,- dan kenaikan Sisa hasil usaha sebesar Rp 152.318.500. Hingga 2014 modal koperasi berjumlah Rp. 5.457.936.300,- dan dari tahun sebelumnya mengalami kenaikan sebesar Rp 989.900.700,-.

Disamping itu pada tahun 2014 KPRI UIN Suska Riau telah membantu kegiatan sosial keanggotaan sebesar Rp 5.600.000,- . Kalau meminjam sebagai nasabah BANK tentunya hal sosial seperti ini tak ada” ujar suhaimi. Suhaimi juga menambahkan, pada setiap RAT KPRI UIN Suska Riau, koperasi juga memberikan suatu bentuk hadiah kepada anggota yang mempunyai modal simpanan terbanyak untuk tiga orang anggota. Pada RAT kali ini ketiga orang anggota tersebut yakni, Drs. H. Ahmad Syah, MA, Drs Zulkifli dan mantan rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H M Nazir.

KPRI UIN Suska Riau Raih Nilai KPRI Bekualitas dan akan jadi Percontohan

Sementara itu Kepala Kantor Departemen Koperasi dan UKM Kotamadya Pekanbaru, yang dalam hal ini diwakili Kabid Koperasi, Khamba Riyaldi dalam sambutannya mengatakan, dari penilaian yang telah dilakukan, KPRI UIN Suska Riau tahun 2014 meraih nilai sebagai Koperasi berkualitas dan berhak mendapat piagam penghargaan. “kita mengusulkan KPR UIN Suska Riau untuk menjadi koperasi percontohan di Riau” ungkapnya. Ditambahkan Khamba Riyaldi saat ini koperasi di Pekanbaru banyak yang tak aktif. Dari 924 koperasi yang ada di Pekanbaru, hanya 369 yang aktif. “Semoga KPRI UIN Suska Riau bisa menjadi inspirasi bagi koperasi-koperasi lainnya di Pekanbaru” ujarnya.

Disisi lain Rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami MA, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur mempunyai koperasi yang sehat dan terurus. Rektor juga mengaku menjadi salah satu anggota yang merasa terbantu dalam hal pendidikan oleh KPRI UIN Suska Riau.

Sementara itu Ketua Badan Pengawasan (BPK) KPR UIN Suska Riau, Drs H Mohd Nasir Cholis, MA dalam sambutannya mengungkapkan, KPRI UIN Suska Riau tergolong sehat dan baik. Hanya saja Nasir Cholis meminta rektor agar mengkondisikan salah satu ruangan bagi pengurus KPRI UIN Suska Riau. “Karena ruangan lama di pinjam salah satu Fakultas untuk ruang belajar” ungkapnya.

 

Penulis/Editor         : Suardi, M.Ikom

Tim liputan   : Donny/ Azmi/ PTIPD

 

Leave a Reply