web analytics

KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN  DAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH KABUPATEN SIAK: KERJA SAMA PPG FTK SEBAGAI WUJUD PERHATIAN PEMKAB PADA GURU

uin-suska.ac.id Bertempat di Aula Lt. 2 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Kamis (22/02/2024) melaksanakan Kegiatan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak.  Kerja sama ini bertujuan untuk membantu pembiyaan mahasiswa PPG (guru PAI) yang berasal dari Kabupaten Siak dibawah pendanaan Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah yang dihadiri langsung oleh Kepala BKSDMD Kab Siak, bapak Zulkifli,  Kepala Dinas Pendidikan Kab Siak diwakili oleh sekretaris Fakrurozi, M.Pd, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Siak H. Erizon Efendi, S.Ag, M.Pd.  Dari pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan hadir Dr. H. Kadar, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Wakil Dekan I FTK Dr. Zarkasih, M.Ag, WD II Prof. Dr. Zubaidah Amir MZ., S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Amirah Diniaty, M.Pd.Kons, Dr. Andi Murniati, M.Pd selaku Ketua Prodi PPG., dan Sekretaris Prodi PPG P.Soleman R, M.Si. serta Admin IT PPG Arif Yasthophi, S.Pd., M.Si. Hadir juga Kasi PAI Kementerian Agama Provinsi Riau, Ridwan, M.Ag.

Kegiatan diawali dengan presentasi dari tim PPG yang disampaikan oleh Arif Yasthophi, S.Pd., M.Si. bahwa Program Studi PPG berdiri sejak tahun 2022, berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 704 Tahun 2022 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Program Pendidikan Profesi Guru Untuk Program Profesi Pada Uiversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Hingga saat ini Prodi PPG sudah menerima 501 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Prodi PPG sudah mendapatkan akreditasi dengan predikat Baik, berdasarkan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Nomor: 702/SK/Lamdik/Ak-PSB/P/VIII/2023 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Pada Program Profesi Uiversitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Kota Pekanbaru.

Pada tahun 2023 batch 1 telah dilakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebanyak 40 orang mahasiswa dan Pemerinta Kota Dumai berjumlah 60 orang mahasiswa pada tahun 2023 batch 2. Tingkat Kelulusan dari tahun 2022 (88,10 %), tahun 2023.1 (83,75 %), dan tahun 2023.2 (91,25 %).  Pendanaan PPG  dibawah tahun 2015 sebesar Rp.5.000.000,- untuk K1 dan K2 sebesar Rp.5.500.000,- Alur Pelaksanaan PPG dilaksanakan mulai dari Pendalaman Materi (5 sks, 30 hari); Pengembangan Perangkat Pembelajaran (2 sks, 10 hari); Reviu Perangkat Pembelajaran (1 sks, 8 hari); Ujian Komprehensif (3 hari); PPL I di sekolah asal (2 sks, 12 hari) dan PPL II di sekola asal (1 sks, 6 hari), masing-masing PPL dilaksanakan Reviu; dan terakhir dilaksanakan Ujian Kompetensi Mahasiswa PPG (Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan). Alur pelaksanaan PPG dilakukan registrasi secara online dengan meng klik link https://ppg.siagapendis.com/login

 

Kegiatan berlangsung hangat dan akrab, setelah presentasi dari TIM PPG kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak bahwa waiting list guru PAI di sekolah umum yang ada di kabupaten Siak masih Panjang untuk mendapatkan kesempatan mengikuti PPG. Walaupun bukan dibawah kemenang, guru PAI ini akan dibayarkan sertifikasinya nanti melalui anggaran Kementerian agama. Selanjutnya dari Dinas Pendidikan siak, diwakili oleh sekretaris dinas, menyampaikan antusiasme untuk mensukseskan kegiatan untuk peningkatan kesejahteraan guru ini. Harusnya ini sudah bisa direalisasikan ditahun kemarin. Kepala BKSDMD Kab Siak melanjutkan support yang diberikan untuk Kerjasama ini.

Terakhir Dr. H. Kadar, M.Ag. selaku dekan menyampaikan ucapan selamat datang kepada para tamu dan menjelaskan bahwa guru PAI adalah perpanjangan tangan Nabi dalam menyiapkan anak bangsa. Adalah ibadah untuk membantu memperhatikan kesejahteraan mereka melalui sertifikasi yang akan mereka peroleh setelah menyelesaikan program PPG ini.

Kegiatan kerja sama ini diakhiri dengan penandatangan PKS dan penyerahan cenderamata dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan kepada Kepala BKSDMD Kab Siak.