web analytics

KADIS PENDIDIKAN: JADIKAN KERJA SAMA PRODI PPG FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN SEBAGAI TITIK AWAL KERJA SAMA LAIN

uin-suska.ac.id Bertempat di Aula Lt. 2 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jum’at (23/02/2024) melaksanakan Kegiatan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.  Kerja sama ini bertujuan untuk membantu pembiyaan mahasiswa PPG (guru PAI) yang berasal dari Kabupaten Kampar, dan dihadiri oleh Dr. H. Kadar, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Wakil Dekan II Dr. Zubaidah Amir MZ., S.Pd., M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Amirah Diniaty, M.Pd.Kons, Dr. Andi Murniati, M.Pd selaku Ketua Prodi PPG., dan Sekretaris Prodi PPG P.Soleman R, M.Si. serta Admin IT PPG Arif Yasthophi, S.Pd., M.Si. sedangkan dari pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dihadiri oleh H. Aidil, SH., M.Si selaku Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga dan Dalimi, M.Ag. Kabag. Perencanaan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga. Sebelum dilaksanakan kegiatan kerja sama, pihak Fakultas Tarbiyah dan Keguruan berkesempatan memaparkan Profil Prodi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Arif Yasthophi, S.Pd., M.Si. menyampaikan bahwa Program Studi PPG berdiri sejak tahun 2022, berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 704 Tahun 2022 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Program Pendidikan Profesi Guru Untuk Program Profesi Pada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Hingga saat ini Prodi PPG sudah menerima 501 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Prodi PPG sudah mendapatkan akreditasi dengan predikat Baik, berdasarkan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Nomor: 702/SK/Lamdik/Ak-PSB/P/VIII/2023 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Profesi Guru Pada Program Profesi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Kota Pekanbaru.

Pada tahun 2023 batch 1 telah dilakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebanyak 40 orang mahasiswa dan Pemerintah Kota Dumai berjumlah 60 orang mahasiswa pada tahun 2023 batch 2. Tingkat Kelulusan dari tahun 2022 (88,10 %), tahun 2023.1 (83,75 %), dan tahun 2023.2 (91,25 %).  Pendanaan PPG  dibawah tahun 2015 sebesar Rp.5.000.000,- untuk K1 dan K2 sebesar Rp.5.500.000,- Alur Pelaksanaan PPG dilaksanakan mulai dari Pendalaman Materi (5 sks, 30 hari); Pengembangan Perangkat Pembelajaran (2 sks, 10 hari); Reviu Perangkat Pembelajaran (1 sks, 8 hari); Ujian Komprehensif (3 hari); PPL I di sekolah asal (2 sks, 12 hari) dan PPL II di sekola asal (1 sks, 6 hari), masing-masing PPL dilaksanakan Reviu; dan terakhir dilaksanakan Ujian Kompetensi Mahasiswa PPG (Uji Kinerja dan Uji Pengetahuan). Alur pelaksanaan PPG dilakukan registrasi secara online dengan meng klik link https://ppg.siagapendis.com/login

Dr. H. Kadar, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa guru PAI dalam jabatan banyak yang mengantri untuk melaksanakan PPG, karena mereka belum sertifikasi, padahal banyak yang menjelang pensiun. Bagi kami, ini adalah ibadah untuk membantu mereka karena kurang diperhatikan. Kemarin di ujung tahun 2023, kami menyampaikan aspirasi ke Pemerintah Kabupaten Kampar, nampaknya hari ini terkabulkan. Kedepannya, kalau bisa ditingkatkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kampar, dan kerja sama ini tidak hanya dalam bidang PPG saja, tapi membina guru-guru di sekolah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ada 16 jurusan. Dosen-dosen kami siap bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kampar bila dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru. “Salah satu kekhasan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan adalah memadukan antara bidang science dengan Islam. Bagaimana mengajarkan Kimia yang di dalam ada pesan-pesan Tauhid, kita siap melatih guru-guru melaksanakan pembelajaran”, ujar Dekan.

Dalam pemaparannya Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar H. Aidil, SH., M.Si. mengatakan bahwa dibandingkan antara guru-guru yang sertifikasi dengan guru-guru PAI, lebih banyak guru-guru PAI yang belum bersertifikasi. Hal ini, mendorong saya, supaya guru-guru PAI bisa menikmati sertifikasi. Kita memiliki niat yang sama memberikan yang terbaik, jadikan kerja sama ini sebagai titik awal untuk kerja sama yang lain dan bisa berjalan dengan baik”.

Kegiatan kerja sama ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan kepada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar.