web analytics

UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU GELAR WISUDA PERIODE IV TAHUN AKADEMIK 2024/2025. SENAT BERI CENDERAMATA BAGI ANGGOTA YANG AKAN MEMASUKI MASA PURNABAKTI.

uin-suska.ac.id Bertempat di Gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) Kamis (22/02/2024) Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau resmi mengukuhkan 600 wisudawan wisudawati Program Doktor ke-51, Program Magister ke -82, Program Sarjana dan Diploma ke-102 Periode IV Tahun Akademik 2024/2025. Sidang Senat Terbuka Universitas dibuka resmi oleh Ketua Senat  Prof. Dr. Syamruddin Nasution, M.A. Kegiatan wisuda ini dihadiri oleh para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Para Guru Besar dan Sekretaris serta Anggota senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Dalam sambutan Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Prof. Dr. Hairunas, M. Ag mengucapkan tahniah kepada wisudawan dan wisudawati yang telah menempuh perjuangan panjang dan dapat menyelesaikan pendidikan di Universitas yang kita cintai ini. Rektor dan segenap pimpinan yang ada di UIN Suska Riau menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya atas capaian yang telah ananda raih. Namun pencapaian itu diharapkan tidak hanya sampai di sini, perlu ditingkatkan lagi pada tataran pengabdian pada Nusa Bangsa; berupaya membuka lapangan kerja baru, serta aktif dalam kegiatan kemasyarakatan.

Pada Kesempatan ini Rektor menyampaikan bahwa kita adalah orang-orang hebat, semua kita adalah lulusan-lulusan terbaik pasti akan mendapatkan kesempatan di dunia kerja karena kita tahu bahwa lulusan/alumni kita sudah tersebar dimana-mana. Luar negeri bisa menampung ketika melaksanakan PPL di Thailand, beberapa mahasiswa kita direkrut untuk menjadi guru di Thailand sana. Beberapa mahasiswa UIN Suska Riau yang sudah bekerja dimana-mana tidak luput menjadi orang-orang terdepan di Republik ini, mewakili rakyat Indonesia di parlemen, ini menandakan bahwa kita memiliki kemampuan luar biasa yang patut kita syukuri bersama. Sampai detik ini kita mendapatkan anugrah terbesar setidaknya ada 15 guru besar yang lahir sejak 2021 sampai hari ini. Kita tidak boleh berhenti berjuang karena kita tahu bahwa kita semua ingin mewujudkan satu visi, visi integratif  yang berkemajuan untuk mewujudkan keunggulan Universitas Islam Negeri Sultan syarif kasim Riau ini. Terakhir saya ingin pesankan kepada wisudawan wisudawati jangan berhenti berkiprah tunjukan pada dunia bahwa almamater kita ini mampu bersaing dengan universitas bertaraf dunia, sekali lagi capaian ini tidak mudah dicapai kalau kita tidak bertungkus lumus, rasa kesadaran kita untuk kebangkitan bangsa Indonesia yang teramat kita cintai ini”, ucap Rektor.

Pada Kesempatan yang sama Prof. Dr. H. Munzir Hitami. M.A yang merupakan Rektor UIN Suska Riau periode 2014-2018 yang sebentar lagi akan memasuki masa purnabakti menyampaikan bahwa saya salah satu tim yang merubah dan memperjuangkan perubahan IAIN menjadi Universitas yang sekarang menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Bersama kawan-kawan yang lain dengan perjuangan yang berliku-liku akhirnya berhasil tercapainya 4 IAIN generasi pertama UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan UIN Maulana Malik Ibrahim di Malang. Itulah UIN pertama dan satu-satunya diluar jawa, sekarang sudah berkembang. dalam kaitan seperti ini tentu karena kami akan memasuki masa purnabakti tentu tertitip harapan kami kepada generasi penerus baik civisitas akademika UIN Suska Riau maupun kepada masyarakat bahwa UIN Suska Riau ini adalah instansi negara tapi milik umat terutama milik umat islam. UIN Suska Riau bukan milik pribadi kita bekerja sebagai abdi negara tapi yang paling penting sebagai ibadah  kepada Allah untuk melahirkan sarjana-sarjana muslim yang baik yang kita cita-citakan untuk mencerdaskan anak bangsa supaya kesejahteraan negara adil dan makmur tercapai. Oleh sebab itu maka marilah kita terus bekerja sampai betul-betul Universitas bertaraf dunia dapat tercapai. Kepada masyarakat tentu diharapkan selalu memberikan dukungan kepada kampus agar tetap dapat berjalan dan mencapai visi dan misinya. diakhir acara Rektor beserta Senat memberikan cenderamata kepada Prof. Dr. H. Munzir Hitami, M.A yang akan memasuki masa Purnabakti.