web analytics

DIRJEN PENDIS: UTAMAKAN KUALITAS DALAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU DAN PTKIN JANGAN MENJADI “SECOND CHOICE”

uin-suska.ac.id Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, mulai tanggal 16-18 Februari 2024 laksanakan Sosialisasi Pendaftaran Siswa Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) di Mercure Hotel Cikini Jakarta. Kegiatan Sosialisasi ini langsung dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdani, S. TP, MT. Kegiatan Sosialisasi ini dihadari oleh 142 peserta yang terdiri dari para Pokja TIK, SSE, dan Humas. Selain para Pokja, Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama di beberapa Provinsi.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kang Dhani sapaan akrab dari pak Dirjen, beliau menegaskan bahwa PTKIN harus lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas dengan memiliki mahasiswa dan lulusan yang berkualitas, maka reputasi PTKIN akan bagus, sehingga PTKIN menjadi pilihan utama untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Dan jangan sampai PTKIN hanya dijadikan Second Choice atau pilihan kedua.

Selain itu juga, Prof. Dr. Hj. Nyanyu Khodijah, S.Ag., M.Ag. sebagai ketua panitia SPAN PTKIN sekaligus Rektor UIN Raden Fatah Palembang mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan Sosialisasi diharapkan mampu membangun sinergitas yang optimal dan pelaksanaan SPAN-UMPTKIN dengan maksimal tahun ini.

Sementara itu Rektor UIN Mataram sekaligus Ketua Forum Rektor PTKIN, Prof. Masnun menyampaikan bahwa kolaborasi antara PTKIN dan Kementerian Agama Wilayah menjadi penting sebagai wadah penampung bagi siswa khususnya pesantren di Indonesia.

Sosialisasi SPAN-UMPTKIN tahun 2024 di Jakarta ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang baik dalam mempersiapkan penerimaan mahasiswa baru di PTKIN khususnya UIN Suska Riau sehingga tercipta lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi generasi mendatang. Untuk informasi bahwa Pendaftaran Siswa SPAN PTKIN sudah dimulai 12 Februari 2024 dan akan berakhir pada 15 Maret 2024.