web analytics

Program International Students Mobility: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Terima Kunjungan dan Silaturrahmi Faculty Of Islamic Sciences Prince Of Songkla University (PSU) Thailand

uin-suska.ac.id Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau kedatangan Tamu Kehormatan dari Faculty of Islamic Sciences, Prince of Songkla University. Agenda kedatangannya untuk Pelaksanaan Program International Students Mobility, dan Penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan beberapa Fakultas di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan Kunjungan ini di ikuti oleh 30 orang mahasiswa-mahasiswi dari Thailand dan di dampingi oleh dosen dari PSU Asst. Prof. Dr. Yuttana Kuakul (Vice Dean For International Affairs and Academic Services) dan Dr. Abdulloh al-Usamah (Head Of Islamic Studies).

Kegiatan pembukaan International Students Mobility Faculty of Islamic Sciences Prince of Songkla University (PSU) Thailand dilaksanakan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau pada Selasa (30/01/2024), dihadiri oleh Rektor UIN Suska Riau, Wakil Rektor I, III, Biro AUPK, Biro AAKK, para Dekan dan Wakil Dekan III di Lingkungan UIN Suska Riau. Kegiatan ini bertema Ramah tamah dengan pimpinan sekaligus Pengenalan Budaya Akademik Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Dalam arahannya Rektor Prof. Dr. Hairunnas, M.Ag menyampaikan  kita harus tunjukkan pada semua bahwa kita mampu dari apa yang orang duga, bahwa kita telah banyak melakukan kerjasama-kerjasama sejak 2 tahun terakhir ini dan ada hal yang patut kita syukuri bahwa kerjasama dengan PSU bukan 2 tahun belakangan tetapi sudah sejak lama. Kerjasama yang terjalin sejak Faculty of Islamic Studies yang awalnya Collage Islamic Studies hingga bertransformasi menjadi Fakultas. Bukti kerjasama kita juga telah tampak jelas, pada tahun 2015-2018 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan telah banyak mengirimnya untuk pertukaran budaya dan science ke PSU. Ternyata ada berkatnya, sekarang mereka telah bekerja menjadi dosen di UIN Sultan Thaha Jambi dan beberapa Dinas Pendidikan.

Sisi lain, Thailand Selatan secara emosional sangat dekat dengan Indonesia, karena memiliki karakter yang sama, oleh karena itu harus melakukan koloborasi ke Thailand atau dari Thailand ke Indonesia. Hubungan baik ini harus ditingkatkan menjadi sebuah komitmen bahkan saling  ketergantungan, saling membutuhkan, dan akhirnya apa yang telah dilakukan memberi manfaat besar bagi kita semua, ujar Rektor.

Selain Kerjasama dengan PSU, kita juga melakukan kerjasama dengan beberapa Pondok Pesantren sehingga. mahasiswa kita banyak melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di sana sebagai guru profesional oleh masyarakat Thailand. Diakhir sambutan Rektor mengajak kepada pimpinan Fakultas untuk segera melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

Sementara itu Vice Dekan for International Affairs and Academic Prof. Dr. Yuttana Kuokul, mengucapkan terima kasih telah disambut dengan baik oleh pihak kampus UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Disela-sela kegiatan silaturrahmi ini, juga dilaksanakan penandatangan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah dan Hukum, serta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan Faculty of Islamic Sciences Prince of Songkla University (PSU) Thailand.

Pelaksanaan kegiatan International Students Mobility Faculty of Islamic Sciences Prince of Songkla University (PSU) Thailand di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau akan berlangsung dari tanggal 30 Januari hingga 5 Februari 2024 dengan berbagai agenda dan tempat kegiatan.