web analytics

Buka Rakornas Humas PTKIN 2024, Dirjen Pendis Kenalkan Pencitraan Merek Sebuah Iklan Rokok

uin-suska.ac.id Para perwakilan Humas dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia mendapat materi berharga dari Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Prof. Muhammad Ali Ramdhani. Kegiatan yang dilaksanakan mjulai tanggal 1 – 4 Februari 2024 ini dipusatkan di Aula Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus 3 UIN Walisongo ini bersamaan dengan dalam rangkaian acara menghadiri The 23rd Annual International Conference on Islamic Studies.

Ketua Forum Humas PTKIN Hayatul Islam, di hadapan peserta Rakornas, yang berdatangan dari Sumatera, jawa hingga Papua, termasuk perwakilan dari UIN Antasari Banjarmasin, Ia pun mengajak seluruh yang hadir bisa makin semarak memanfaatkan kesempatan ini, agar lebih banyak yang mengenal dan memahami cara masuk PTKIN. “Mari kita semua bisa berperan aktif dalam mengglorifikasi informasi-informasi penerimaan mahasiswa baru, sehingga bisa lebih disimak dan bermanfaat bagi khalayak ramai,” tegas Hayatul Islam.

Dalam pertemuan Rakornas ini juga dihadiri Kepala Subtim Humas Ditjen Pendis Kemenag RI Dr. Khairul Umam yang menekankan bahwa penyampaian informasi-informasi tentang PMB dan program atau kegiatan lainnya adalah salah satu upaya menyebarkan kebaikan,” jelasnya. Saat ini tugas Humas yang perlu jadi trending topic adalah Sosialisasi PMB, mensukseskan Pemberitaan AICIS dan bagaimana strategi branding Kampus dibawah PTKIN.

Selain itu juga dihadiri oleh Karo Humas, Data, dan Informasi Sekretariat Jenderal Kemenag RI Akhmad Fauzin menyampaikan bahwa baru dalam beberapa tahun ini Pranata Humas diikutsertakan dalam kegiatan AICIS. Kedepan Fauzin berharap agar dalam melaksanakan tugas anggota Humas tidak ada lagi memakai peralatan yang jadul dan pimpinan perguruan tinggi harus menganggarkan dana untuk pembaharuan peralatan Humas, sehingga perjalanana informasi, komunikasi dan konten terhadap narasi-narasi terkait institusi bisa di klorifikasi dan diklasifikasi

 

Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Prof. Muhammad Ali Ramdhani dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa trik pencitraan merek sebuah iklan rokok, yang bisa mempengaruhi seseorang untuk berpindah merek. Lebih jelas Dirjen menegaskan, bahwa merokok memang merugikan bagi kesehatan. Namun ternyata, ada sebuah merek yang bermain narasi rendah tar dan rendah nikotin, sehingga produk tersebut menjadi sasaran perokok yang ingin mengurangi dampak buruk dari aktivitas tersebut. “Dan trik ini saya kira bisa diterapkan di Humas, bagaimana cara agar masyarakat mengetahui, bahwa di PTKIN juga mempunyai banyak keunggulan dibanding perguruan tinggi umum lainnya,” tegas M. Ali Ramdhani.

Di antara keunggulan tersebut adalah hadirnya ilmu-ilmu keIslaman, belum lagi program-program yang khas dan unik di PTKIN masing-masing. Contohnya seperti di UIN Antasari Banjarmasin, yang bervisi “Unggul dan Berakhlak”, dengan penjabaran melalui sejumlah program terintegrasi dalam membentuk karakter mahasiswa, agar setelah lulus nanti bisa makin bermanfaat bagi masyarakat.