web analytics

SOSIALISASI BEASISWA PENDIDIKAN KADER ULAMA MASJID ISTIQLAL (PKUMI)-LPDP di UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

uin-suska.ac.id Bertempat di Auditorium lantai 5 Gedung Rektorat, Bagian Kemahasiswaan dan Alumni UIN Sultan Syarif Kasim melaksanakan kegiatan yang bertema Sosialisasi Beasiswa PKUMI (Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 16 Januari 2024 dan dihadiri oleh narasumber  LPDP Gendro Hartono, S.E, M.M (Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa), Narasumber PKUMI Dr. Mulawarman Hannase, Lc.,M.A Hum (Manager PKU), Narasumber PTIQ Prof. Dr. H.M Darwis Hude, M.Si (Direktur Pasca Sarjana PTIQ Jakarta).

 

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa  UIN Sultan Syarif Kasim Riau baik secara luring maupun daring. Kegiatan ini disambut hangat oleh Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, M.Ag. dalam sambutan Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengucapkan terimakasih kepada ketiga narasumber yang sudah berkenan hadir dalam kegiatan ini dan menyampaikan beberapa hal penting diantaranya “kita terus bersama – sama dalam rangka mewujudkan cita-cita besar untuk menjadikan program ini menjadi program unggulan bagaimana kemudian para ulama berkarakter tidak hanya mengetahui keilmuan agama dalam hal ini tentu fiqih, hadist dan ilmu lain, tetapi perlu dikembangkan lagi.

 

Masyarakat indonesia yang majemuk ini perlu diberikan pencerahan dimana setiap orang atau setiap kader ulama tidak hanya fokus pada keilmuan keislaman saja, karena kita perlu menyampaikan nilai-nilai sosial dan nilai-nilai budaya transformasi ilmu pengetahuan begitu penting artinya untuk dijadikan dasar bagaimana kemudian ulama hari ini adalah ulama kontemporer yang memiliki wawasan luas karena kedepannya lulusan prodi apapun di UIN Sultan Syarif Kasim Riau berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa LPDP untuk kuliah di PTIQ. Tegas Rektor”

Dalam kesempatan yang sama, kepala Divisi Pelayanan Beasiswa Gendro Hartono, S.E, M.M menyampaikan bahwa “Beasiswa PKUMI LPDP adalah berdasarkan mandat peraturan Presiden No 111 tahun 2021 terkait pengelolaan dana abadi pendidikan. Jadi atas dasar itu kemudian LPDP menyalurkan pembiayaan dalam hal ini adalah beasiswa selain itu juga ada riset. Tahapan seleksi calon penerima Beasiswa LPDP silahkan langsung melakukan pendaftaran Beasiswa melalui link https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Pembukaan pendaftaran Tahap I tanggal 11 Januari – 12 Februari 2024.  Tahap II tanggal 19 Juni – 18 Juli 2024. Tutup Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa.”