web analytics

Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Sultan Syarif Kasim Riau Mengirimkan Sejumlah Mahasiswa Berprestasi Mengikuti Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Keluar Negeri

uin-suska.ac.id Satu program bergensi kembali ditorehkan oleh enam mahasiswa berprestasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) UIN Sultan Syarif Kasim Riau untuk mengikuti program Praktek Kerja Lapangan (PKL) Luar Negeri. Mengawali tahun 2024, Program PKL Luar Negeri ini dilaksanakan selama satu bulan sebagai implementasi kerjasama (Memorandum of Agreement) dengan perusahaan Nah Permana Sdn.Bhd, dan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Dekan FEIS, Dr. Hj. Mahyarni, SE.,MH, program PKL Luar Negeri ke Malaysia selain untuk menambah wawasan, jaringan kerjasama akademik, dan pengalaman mahasiswa di dunia kerja, juga dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan program studi (Prodi). Lebih lanjut, “Program ini juga berdampak positif terhadap peningkatan akreditasi Prodi yang ada di FEIS disamping mewujudkan visi, misi serta program prioritas UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang telah dirumuskan dalam Rencana Strategis (RenStra) Fakultas ”, tambah Mahyarni.

Masyuri, MA sebagai dosen pendamping dan Tim pengelola program ini juga menyampaikan bahwa untuk angkatan pertama, tiga mahasiswa a.n. Wine Salsabila (D3, Prodi Administrasi Perpajakan), Rasyid Nur Fadillah (D3, Prodi Manajemen Perusahaan) dan Zainal Zuhdi (D3, Akuntansi) akan melaksanakan program PKL ke perusahaan Nan Permana Sdn.Bhd mulai 15 Januari s.d 15 Februari 2024. Sementara, untuk program serupa ke KBRI Kuala Lumpur akan dilaksanakan mulai 1 s.d 30 Mei 2024 oleh Avida Yohana Nasution (S1, Prodi Administrasi Negara), Dodi Kusuma (S1, Prodi Akuntansi), dan Karinda Putri Wicaksono (S1, Prodi Manajemen).

 

Untuk kelancaran program PKL Luar Negeri ini, jajaran pimpinan fakultas atas dukungan dan persetujuan Rektor telah memberikan bantuan dana, pengurusan dokumen keimigrasian, asuransi, pendampingan, bimbingan dan pembekalan sebelum keberangkatan hingga penjemputan mahasiswa dimaksud. Rektor, Prof. Dr. Khairunas Rajab, M.Ag mengapresiasi pelaksanaan program PKL Luar Negeri dan berharap program ini terukur, terprogram dengan baik dan memiliki dampak positif bagi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. “Visi UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai perguruan tinggi Islam yang gemilang dan terbilang dalam mengembangkan ilmu ke-Islaman, sains, teknologi dan seni secara integratif, bukan hanya dirumuskan dalam RenStra, akan tetapi harus diwujudkan dalam program-program yang lebih konkret dan berdampak besar terhadap capaian universitas. Sebagai rektor tentu bahkan wajib mendukung program PKL Luar Negeri yang dilaksanakan oleh FEIS dan harus dilaksanakan secara berkelanjutan, terukur, tersistematis dan menjadi contoh di PTKIN di Indonesia” tegas Rektor.

 

Sejalan dengan rencana dan program kerja UIN Sultan Syarif Kasim, “Rektor bersama jajaran pimpinan universitas hingga ke tingkat Program Studi terus berkomitmen dan memberikan dukungan penuh untuk menjalankan program-program prioritas yang langsung melibatkan mahasiswa”. Khairunas Rajab yang merupakan alumni universitas terbaik di Malaysia (University of Malaya) memprioritas program kerjasama luar negeri, dimana “program ini bukan hanya untuk mengangkat reputasi universitas di tingkat nasional, bahkan akan menjadikan UIN Sultan Syarif Kasim Riau diperhitungkan di tingkat internasional, sehingga universitas memberikan ruang seluas-luasnya bagi para mahasiswa berpretasi baik secara akademik maupun non-akademik mengikuti program keluar negeri, seperti pertukaran mahasiswa, praktek mengajar, PKL atau magang, mengikuti forum ilmiah maupun pengembangan seni, bakat dan minat”, pungkas profesor Psikoterapi Islam ini.

Penulis : Muhammad Absor
Editor : Humas UIN Suska Riau