web analytics

ASN Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Ikuti Asesmen Kompetensi Jabatan Pelaksana

uin-suska.ac.id Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melalui Biro Kepegawaian, kembali laksanakan Computer Asissited Test (CAT) Asesmen Kompetensi Jabatan Pelaksana untuk ASN dibawah Kementerian Agama. Asesmen ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu (20/12/2023) yang dipusatkan di Jakarta dibawah Biro Kepegawaian. Kegiatan diawali dengan seremonial pembukaan yang dilaksanan secara zoom dan secara resmi dibuka oleh Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. H. Nizar Ali, MA.

Melihat besarnya jumlah ASN dibawah Kemenag RI, perlu kiranya mengetahui kompetensi yang dimiliki masing-masing ASN, sehingga dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya serta dalam pelaksanaan program prioritas Kemenag akan bisa ditopang oleh ASN yang professional, kompeten. Sekaligus mendorong ASN yang terwujud dalam manajemen talenta di Kementerian Agama.
Dalam arahannya Sekjen Kemenag RI Prof. Nizar Ali, MA mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada Biro Kepegawaian yang telah melaksanakan uji kompetensi dengan harapan kegiatan ini bisa diikuti oleh ASN di bawah Kementerian Agama secara totalitas, sehingga kita sudah punya peta tentang kompetensi masing-masing ASN. Pelaksanaan kegiatan uji kompetensi ini merupakan mandat dari undang-undang dan mandat regulasi yang sudah ditetapkan. Sehingga kita mempunyai tanggungjawab talenta yang bisa dijadikan dasar untuk pertimbangan dalam pelaksanaan mutasi dan promosi kedepannya paling tidak tiga tahun. Uji kompetensi ini dilakukan pada 575 titik lokasi dengan jumlah peserta 22.523 orang.
Diakhir arahan Prof. Nizar berharap agar seluruh peserta bisa mengikuti tes ini dengan baik, nyaman hingga tuntas dan jangan ada sampai yang tertinggal karena ini merupakan untuk kepentingan manajemen talenta, sehingga kita punya potret kepegawaian yang bersangkutan.

 

 

Sementara itu Muhammad Khairi, SE sebagai Penanggungjawab ORTALA Bagian Kepegawaian dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyampaikan bahwa sesuai dengan instruksi dari Biro Kepegawaian Kementerian Agama Republik Indonesia dimana pada tanggal, 20 Desember ini dilaksanakan Computer Asissited Test (CAT) Asesmen Kompetensi Jabatan Pelaksana. Lebih lanjut Khairi mengatakan untuk Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tempat yang dipakai untuk pelaksanaan asesmen adalah Gedung PTIPD dengan empat ruangan. Peserta yang akan mengikuti asesmen ini berjumlah 63 orang dan alhamdulillah tepat jam 09.00 WIB seluruh peserta sudah hadir, dan jumlah soal yang akan dikerjakan oleh peserta sebanyak 115 Soal dengan durasi waktu 120 menit.
“Dari asesemen ini kita berharap kepada semua peserta bisa mengikuti ujian dengan baik dan memperoleh hasil atau nilai yang baik, sehingga dengan hasil pelaksanaan asesmen ini bisa dijadikan bahan sebagai peta atau pemetaan terhadap kemampuan dari masing-masing pegawai jabatan pelaksana yang ada di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau,” ucap Khairi.

Tim Humas