web analytics

Praktik Lapangan Mahasiswa Penguatan Kompetensi Sejarah Lokal

uin-suska.ac.ac Kegiatan praktik lapangan merupakan kegiatan penguatan kompetensi dan keterampilan mahasiswa melengkapi informasi kognitif yang diperoleh dalam kelas. Praktik lapangan mahasiswa semester 5 prodi Tadris IPS melaksanakan praktik lapangan  berupa penguatan kompetensi sejarah lokal di istana Basa Pagaruyung Sumatra Barat yang dampingi oleh dosen Pendamping Praktik Lapangan yaitu Sukma Erni dan Januari Cristi dan bu Sakila sebagai ketua Prodi.

Dalam proses perolahan data berupa informasi, mahasiswa dikelompokkan dalam kelompok kecil terdiri 3-5 orang memilih tema sejarah yang akan digali secara mendalam. Proses pengumpulan data dilaksanakan dengan melihat situs, mengamati dan mewawancarai beberapa orang yang dapat memberi informasi. 

Sebelum memfokuskan minat bahasan mahasiswa diberi informasi umum tentang istana basa pagaruyung oleh seorang yang banyak mengetahui informasi terkait. Pertemuan dengan informan istana kali ini di berikan oleh seorang Polisi yang bertugas di istana yakni  Pak Suryadi yang bertugas pada bagian PAM OVIT Polres Tanah Datar Pagaruyung.  

 ”Istana basa pagaruyung terdapat anjungan paranginan dimana ruangan yang terletak dilantai dua istana basa pagaruyung. Ruangan tersebut berfungsi sebagai tempat pingitan bagi remaja putri sebelum memasuki tahap pernikahan dan berkeluarga. Keistimewaan yang diberikan kepada perempuan Minangkabau itu tentu harus mengikuti dengan serangkaian usaha untuk menjaganya. Sebab, sesuatu yang istmewa adalah sesuatu yang terjaga dan terpelihara sebaik mungkin” urai beliau.  

Menanggapi pertanyaan awal mula mendirikan istana dan bahan yang digunakan pak Suryadi menambahkan bahwa Proses mendirikan rumah sejarah tersebut diawali dengan tiang yang cukup besar di bagian tengah dimana fungsinya untuk menahan rumah dari gempa.  Kemudian Atap yang dilapisi dengan ijuk berfungsi untuk membuat rumah tetap dingin. 

Report by triswati 

Editor : Humas