web analytics

Ma’had Al- Jami’ah Gelar Sosialisasi Moderasi beragama Kepada Dosen Di Lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif kasim Riau menyelenggarakan FGD tentang moderasi Beragama bagi Dosen dilingkungan UIN Suska Riau,  kegiatan ini di fasilitasi oleh Ma’had Al-Jami’ah pada hari, Selasa 17,18, dan 19 Oktober 2023 di The Zuri Hotel Pekanbaru. Sebagai institusi pemerintah dibawah Kementrian Agama RI , moderasi beragama bagi  Sivitas Akademika UIN Suska Riau seyogyanya harus mendukung, memahami dan merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam laporan ketua panitia oleh Dr. Azni, Ketua Moderasi Beragama yang juga kepala Ma’had Al-Jami’ah mengatakan bahwa bentuk kegiatan ini adalah sosialisasi moderasi beragama bagi wakil dekan, dosen, kepala/ketua Lembaga di lingkungan  dan tendik di lingkungan UIN Suska Riau yang terdiri dari 3 angkatan 1,2 dan 3 dan dilaksanakan 3 hari berturut-turut tanggal 17, 18 dan 19 Oktober.

“ Bentuk kegiatan ini adalah sosialisasi moderasi beragama bagi sivitas akademika di lingkungan UIN Suska Riau yang di harapkan nantinya membantu para peserta dalam memahami moderasi beragama di tengah -tengah masyarakat yang majemuk ini” ucap DR. Azni.

Lebih lanjut dalam laporannya DR. Azni  mengatakan bahwa Nara Sumber dalam kegiatan ini adalah DR. Hj. Latifatul Khasanah, S.Ag, MA., MHSE Fasilitator Nasional Pokja Moderasi Beragama Kementrian Agama RI dan DR. Rizki Gunawan, M.PdI Instruktur Moderasi Beragama Kemenag RI dan juga Kepala pusat Moderasi Beragama UIN Raden Intan Lampung.

Kemudian di lanjutkan dengan sambutan Rektor Prof. Khairunnas Rajab, yang mengharapkan kegiatan ini akan menambah wawasan kebangsaan dan ke Bhinneka an maupun Ke Indonesian, moderasi beragama adalah salah satu bukti bahwa saling menghormati dan menghargai adalah warisan dari nenek moyang Indonesia sehingga  moderasi beragama adalah konsep yang menekankan pada sikap saling menghormati dan toleransi diantara kelompok yang berbeda . konsep ini mengajarkan bahwa setiap orang memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan agamanya masing-masingt  tanpa adanya tekanan atau intimidasi dari pihak lain.

Kemudian di lanjutkan dengan pemberian Cendera Hati kepada kedua Narasumber yang di serahkan oleh Rektor, berfoto bersama dan penyampaian materi oleh para Narasumber.

Tim Humas