web analytics

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau Ambil Sumpah Puluhan Nutrisionis Alumni Prodi Ilmu Gizi

uin-suska.ac.id Sebanyak 44 orang alumni Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Pertanian dan Perternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau diambil Sumpah/ Janji Nutrisionis oleh Ketua DPD Persagi Riau di Ruang Auditorium lantai V Rektorat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Senin (16/10/2023).

Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau diwakili oleh Dekan Fakultas Pertanian dan Perternakan, Dr. Arsyadi Ali, S.Pt., M.Agr., Sc dalam sambutannya mengucapkan tahniah kepada nutrisionis yang diambil sumpah pada hari ini. “Ini merupakan sumpah profesi yang pertama kali dilakukan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan pertama kali juga di prodi Ilmu Gizi. Pada hari ini ada 46 orang nutrisionis yang diambil sumpah, 44 orang alumni prodi Ilmu Gizi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan 2 orang dari Universitas Alma Ata Yogyakarta.” Ujar Dr. Arsyadi.
Lebih lanjut, Dr. Arsyadi berharap agar nutrisionis yang diambil sumpah pada hari ini terus meningkatkan kemampuan akademik hingga jenjang tertinggi dan mengembangkan ilmunya guna menghadapi tantangan nutrisionis yang sangat berat.

Sementara itu, Ketua DPD Persagi Riau, Dedy Rochyani, SK.M., M.Kes dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang telah menjadi salah satu penyumbang nutrisionis di Provinsi Riau. “Mudah-mudahan kedepannya, tambah banyak nutrisionis baru sehingga dapat memperbaiki makanan rakyat Indonesia, memperbaiki pola makan masyarakat Provinsi Riau khususnya.” Tegasnya.
Dedy Rochyani juga menjelaskan bahwa ada dua tantangan nutrisionis saat ini yaitu terkait stunting dan obesitas. “Stunting tidak hanya sekedar pendek saja, tetapi stunting ini menunjukkan seorang anak mengalami gangguan pertumbuhan. Sedangkan anak yang mengalami obesitas di waktu kecil akan beresiko mengalami penyakit tidak menular pada saat remaja dan dewasa. Disinilah tugas berat nutrisionis guna mencerdaskan masyarakat dalam memperbaiki pola makan terutama pada 1000 hari pertama kehidupan dan saat di Rahim.” Ujar Dedy.

Rangkaian pengambilan sumpah ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Lagu Mars Gizi dan lagu Hymne Persagi. Dilanjutkan dengan pengambilan sumpah nutrisionis oleh Ketua DPD Persagi didampingi rohaniawan, penandatangan pengucapan sumpah, penyerahan berita acara pengucapan sumpah dan penyematan pin Persagi.
Turut hadir pada kegiatan ini, Dekan dan Wakil Dekan I, II, III Fakultas Pertanian dan Perternakan, Kepala Biro AAKK, Pengurus Persagi serta Dosen prodi Ilmu Gizi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Tim humas.