web analytics
humas@uin-suska.ac.id

SekJend Kemenag RI Prof Dr.H. Nizar Ali, M.Ag Kukuhkan 7 Guru Besar UIN Sultan Syarif Kasim Riau

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau sukses menggelar pengukuhan 7 Guru Besar, pengukuhan ini di gelar di Gedung Islamic Center pada hari, Sabtu, 16 September 2023 (16/9/2023). Adapun 7 Guru Besar yang dikukuhkan yaitu, Prof Fitra Lestari Norhiza, ST.,M.Eng., P.hD (Guru Besar dalam Bidang Ilmu Teknik Industri Fak. Sains dan Teknologi), Prof. Teddy Purnamirza, ST., M.Eng., P.hD (Guru Besar Bidang Teknik Elektro Fak.Sains dan Teknlogi), Prof.DR. Rosmaina, SP., M.Si ( Guru Besar Ilmu Pertanian Fak.Pertanian dan Peternakan), Prof DR. Masduki, M.Ag ( Guru Besar dalam Ilmu Dakwah Fak. Dakwah dan Ilmu Komunikasi), Prof.DR. Imron Rosidi, S.Pd., MA ( Guru Besar dalam Bidang Sosiologi Islam dan Ageensi Islam Fak. Dakwah dan Ilmu Komunikasi), Prof.DR. Risnawati, M.Pd ( Guru Besar dalam Pendidkan Matematika pada Fak.Tarbiyah dan Keguruan) dan Prof. DR. Zubaidah Amir MZ, M.Pd ( Guru Besar Pendidikan Matematika pada Fak.Tarbiyah dan Keguruan )

Dalam sambutannya Rektor UIN Suska Riau Prof.DR. Khairunnas Rajab mengucapkan tahniah dari civitas akademika kepada 7 Guru Besar yang sudah di lantik, sangat berbangga hati , menambah amunisi baru bagi akademik UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Pencapaian Guru Besar di bidang masing-masing adalah salah satu bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap Lembaga UIN sultan Syarif Kasim Riau dan menjadikan motivasi bagi dosen lainnya yang belum meraih guru besar.

Kemudian Rektor menekankan  apapun yang terjadi di UIN Suska Riau sudah seyogyanya kita harus bahu membahu, bersinergi sehingga ada rasa kebenggaan terhadap UIN Suska Riau.

“Apapun yang terjadi di UIN Suska Riau ini kita harus bahu membahu, bersinergi agar UIN ini tetap menjadi kebanggaan kita bersama, maka saya menghimbau supaya menunjukkan komitmen, dedikakasi, loyalitas, empati dan integritas kita dalam rangka   kepada Lembaga kita yang kita cintai ini. kita tahu bahwa capaian guru besar hari ini adalah salah satu prestasi yang sangat tinggi yang bisa nanti mengantarkan UIN Suska Riau menjadi Akreditasi Internasional dan Unggul Gemilang dan Terbilang”ungkap Rektor Prof Khairunnas Rajab

Kemudian dilanjutkan arahan SekJend Kemenag RI Prof DR. Nizar Ali dalam pidatonya Prof Nizar Ali menekankan peranan Guru Besar pada suatu perguruan tinggi bahwa guru besar diharapkan dapat membawa perubahan yang signifikan kearah yang lebih maju baik di bidang akademik dan non akademik, hasil-hasil research yang dilakukan oleh para guru besar dapat bermanfaat ditengah-tengah masyarakat. Sehingga nantinya dapat menjadi solusi dan menjadi jalan keluar problem yang ada di tengah masyarakat.

“Dengan di lantiknya Guru Besar ini dapat menambah kekuatan pada UIN Suska Riau dalam bidang akademik dan non akademik dan pengabdian masyarakat tentu sebagai pemegang otoritas tertinggi di perguruan tinggi tentu peranan guru besar mereka harus mempunyai komitmen dan tekad untuk memajukan perguruan tinggi, dapat memacu pangkat yang lebih rendah untuk mendorong supaya mereka dapat menjadi guru besar dan menjadi teladan di almameternya maupun di masyarakat luas dan diharapkan menjadi icon dalam masyarakat kampus “tandas Prof Nizar Ali.

Lebih lanjut Prof Nizar mengatakan bahwa guru besar ini adalah suatu program pemerintah di perguruan tinggi dalam memajukan dan meningkatkan persaingan global. Di Indonesia guru besar dilahirkan oleh perguruan tinggi yang besar maupun  ternama dan peranannya sama baik pada universitas umum dan perguruan tinggi agama. Sehingga reputasi guru besar yang ada di perguruan tinggi agama dan perguruan tinggi umum adalah sama di mata pemerintah.

Di akhir orasinya Prof. Nizar Ali mengharapkan kepada guru besar agar “ menjadi duta moderasi beragama yang senantiasa menggaungkan Islam Rahmatal Lil”alamin  Islam yang moderat. Kami mengharapkan supaya mengungkapkan narasi-narasi keagamaan yang sejuk dan mencerahkan sehingga mendukung pembangunan nasional seutuhnya”tutup Prof Nizar.

Hadir dalam kesempatan ini Ketua senat dan anggota, para Wakil Rektor, para Dekan para dosen dilingkingan UIN Suska Riau, Porkominda Prov Riau, Kakanwil Kemenag Prov Riau, Kakan Kemenag Kota Pekanbaru, dan keluarga guru besar.

Tim Humas

Editor  : Amiruddin