web analytics

Mahasiswa Gelar Panggung Milad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ke-53

uin-suska.ac.id Sabtu malam (16/9/2023) kemeriahan Milad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau kali ini, tidak hanya dirayakan di tingkat Universitas. Ternyata mahasiswa juga tidak mau ketinggalan ikut ambil bagian dalam momen ini. Dalam rangka syukuran Milad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ke-53, semua unit kegiatan kemahasiswaan yang ada di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menaja kegiatan yang diberi nama “Panggung Milad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ke-53.” Unit Kegiatan Khusus/ Unit Kegiatan Mahasiswa (UKK UKM) yang berpartisipasi aktif dalam kegaiatan ini adalah Sanggar Latah Tua, MAPALA, Pramuka, KOPMA, LPRPM, Menwa, Gagasan, KSR-PMI, FKII, dan USM. Masing-masing UKK UKM menampilkan kebolehannya, seperti tarian daerah, puisi, musik alisasi puisi, musik, teter, silat, nasyid, band, dan lain-lain. M.Fauzi Gusrianto, ketua panitia diwawancarai tentang tujuan dilaksakannya acara ini mengatakan bahwa mahasiswa tidak mau ketinggalan ikut dalam memeriahkan Milad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang ke-53 ini. “Semua UKK UKM berkomunikasi dan kemudian disepakati bahwa semua kita akan ikut aktif dalam memeriahkan Milad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ke-53, sebagai bentuk kesyukuran kita kampus kita ternyata sudah berusia ke-53” imbuhnya. Acara ini dimulai tepat jam 20.00 WIB bertempat halaman Sanggar Latah Tua di sisi kiri Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) dengan konsep outdoor. Acara diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Wakil Rektor IIl Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Edi Erwan, S.Pt, M.Sc., P.h.D.

Di tengah-tengah acara berlangsung, Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, M.Ag hadir dan disambut histeria oleh para mahasiswa. Rektor terlambat hadir ke lokasi acara karena ada tamu di rumah. Walaupun agak malam, Rektor tetap hadir ke acara ini demi untuk bertemu dengan para mahasiswa dan untuk memberikan apresiasi. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan beberapa hal penting.
Pertama, apresiasi yang setinggi-tingginya atas inisiatif dari adik-adik mahasiswa yang telah menaja acara milad Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ke-53 ini. Kreatif, inovatif, dan kritis merupakan ciri khas anak muda yang merupakan harapan bangsa calon pemimpin masa depan. Mahasiswa boleh bahkan harus kritis, namun tetap disampaikan dengan elegan. Kedua, untuk menggapai cita-cita luhur Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebagai kampus yang gemilang dan terbilang, semua unsur civitas akademika harus bersatu padu dan bersinergi, termasuk dengan para mahasiswa. Sekarang Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sedang berbenah melengkapi fasilitas, sarana, dan prasarana demi kenyamanan kita dalam proses belajar-mengajar. Ketiga, Rektor berpesan untuk bisa menjaga ketenangan dan ketertiban. Jaga etika pergaulan, terutama antara lawan jenis sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan acara ini lanĝcar hingga akhir. Tidak lama setelah penyampaian sambutan, Rektor pamit ke semua hadirin, dan acara tetap dilanjutkan bersama WR IIl.

Penulis : Ahmad Masy’ari (Sekretaris Kopertais Wilayah XII)