web analytics

FST UIN SUSKA RIAU MENDUNIA MELALUI KERJASAMA DENGAN IEOM DAN IVEN KONFERENSI INTERNASIONAL

IEOM (Industrial Engineering and Operations Management} merupakan sebuah international society dari keilmuan teknik industri. Society ini  beranggotakan para akademisi dan parktisi dari berbagai negara yang rutin melaksanakan agenda pertemuan dengan bentuk konferensi internasional (international conference). Secara berkesinambungan, civitas akademis FST UIN Sultan Syarif Kasim Riau tidak hanya dosen tetapi juga mahasiswa, selalu mengambil bagian dalam berkontribusi pada kegiatan IEOM, dimulai dari 1st Asia Pacific IEOM China Conference, 2nd Asia Pacific  IEOM Indonesia Conference, 3rd Asia Pacific  IEOM Manila Philipina Conference, hingga 4th Asia Pacific  IEOM Vietnam Conference di tahun 2023.

Semenjak diselenggarakannya konferensi internasional IEOM untuk area Asia-Pasifik yang pertama pada tahun 2021, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau telah menjalin kerjasama dengan IEOM society yang tertuang dalam MoU dan ditandatangani oleh Dekan FST Bapak Dr. Hartono, M.Pd. Hal ini diwujudkan melalui keikutsertaan para dosen dan mahasiswa FST sebagai pemakalah dalam konferensi internasional, kompetisi doctoral dissertation dan undergraduate student paper. Pada tahun 2021 tersebut, salah satu mahasiswa FST yang bernama Aryo Saputra (Teknik Industri) memenangkan kompetisi undergraduate student paper dengan meraih peringkat pertama (First Winner Simulation Competition). Demikian juga dengan Dosen Teknik Industri Ibu Tengku Nurainun, ST., MT. juga mengambil bagian dan meraih peringkat Kedua dalam kompetisi Doctoral Dissertation Competition.

Kegiatan 4th Asia Pacific  IEOM Vietnam Conference diselenggarakan pada tanggal 11-14 September 2023 di Ho Chi Minh City Vietnam, dengan hostnya adalah CFVG-University of Economics Ho Chi Minh City (UEC). Kegiatan pada hari pertama yaitu student paper competition (Undergraduate, Master’s Thesis and Doctoral Dissertation) dimana masing-masing peserta diminta untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya dalam bentuk oral maupun dalam bentuk poster. Hari kedua tanggal 12 September, sesi pagi dimuali dengan pembukaan oleh Dr. Tu Van Binh (conference chair, Co-Director of CFVG University of Economics Ho Chi Minh City) dan Dr. Ahad Ali (Executive Director of IEOM) kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para Keynote speaker Day I  yaitu Prof. Vikas Kumar dari Birmingham City University, Prof. Fabien De Geuser dari French Vietnamese School of Management, Mr. Stan Weonsuk Lee sebagai General Director DAEHONG Commucations Vietnam (Lotte Group) dan Prof. Wahyudi  Sutopo dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Dilanjutkan sesi siang dengan pemaparan artikel-artikel secara paralel sesuai dengan bidangnya masing-masing dimana setiap presenter akan diberi waktu 10 menit untuk memaparkan materinya dan kemudian dilanjutkan diskusi tanya jawab dengan seluruh audience pada ruangan tersebut.

Hari Ketiga tanggal 13 September, sesi pagi kembali diisi oleh para keynote yang kompeten, salah satunya adalah Professor Fitra Lestari Norhiza, S.T., M.Eng.Ph.D. Dengan membawakan tema halal supply chain di Indonesia, Prof. Fitra Lestari Norhiza mampu memukau para audience sehingga tertarik dalam diskusi dalam tema tersebut. Kemudian pada sesi siang, Dr. Muhammad Isnaini Hadiyul Umam, S.T., M.T menjadi Panel Speaker untuk tema Industry 4.0 dengan materi heathcare industry dan costumer pattern. Hari terakhir pada tanggal 14 september, diisi dengan presentasi artikel secara paralel dan ditutup dengan gala dinner dan penyerahan award kepada para pemenang kompetisi, paper terbaik, dan anggota komunitas yang berkontribusi pada dunia teknik industri. Dua orang civitas akademis FST mendapat penghargaan dari IEOM society atas kontribusinya yang luar biasa dalam bidang profesi Teknik Industri khususnya di bidang teaching, learning dan assesment serta di bidang Engineering Education. Tercatat jumlah total artikel yang diterima pada konferensi internasional ini adalah 321 artikel yang berasal dari 30 negara, empat artikel merupakan karya dari civitas akademik FST UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Keempat artikel tersebut diterima pada bidang Operation Management (dua artikel), Healtcare Industry (1 artikel), dan bidang Product Engineering and Simulation (satu artikel).

Bertepatan dengan penyelenggaraan 4th Asia Pacific  IEOM Vietnam Conference tersebut, kerjasama (MoA) antara FST UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan IEOM Society kembali ditingkatkan dan diperluas menjadi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ditandatangani oleh Dekan FST Dr. Drs. Hartono, M.Pd. dan IEOM Executive Director – Dr. Ahad Ali di Universitas of Economics Ho Chi Minh City. Beberapa poin yang disepakati bersama, yaitu peningkatan di bidang pendidikan dan publikasi; penelitian, pengembangan dan inovasi; Community service; memfasilitasi civitas akademik FST untuk berperan serta dalam kegiatan IEOM; Promosi dan pencantuman logo UIN Suska serta mendapat diskon dalam keikutsertaan kegiatan IEOM. Kegiatan IEOM berikutnya, 5th Asia Pacific IEOM akan dilaksakan di Kota Tokyo – Jepang, dekan FST berkomitmen agar civitas akademik FST dapat berkontribusi lebih banyak pada penyelenggaraan kegiatan tersebut.