web analytics

Wamenag RI Kunjungi Stand Pameran Nano Teknologi dan Kesehatan UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Stand Pameran Nano Teknologi dan Kesehatan kontingen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menjadi salah satu stand yang dikunjungi oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia Zainut Tauhid Sa’adi saat pergelaran Ekspo Karya Inovasi dan Bazar Olimpiade Agama Sains dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) II tahun 2023 yang berlangsung di GOR Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rabu (14/6/2023).
Tim Nano Teknologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau yang terdiri dari Rahmatul Dandi, Mardhiah dan Puteri Adrina pada kesempatan ini memperkenalkan Naction Tea, inovasi the corn silk berbasis nano teknologi sebagai anti inflamasi.
Naction Tea ini merupakan the rambut jagung yang kaya akan manfaat kesehatan tinggi, mengandung 15,3% flavonoid, 80 mg nikel, saponin serta tanin yang mampu mengatasi anti inflamasi dan defisiensi nikel. Dalam satu kotak Naction Tea berat rambut jagungnya sebesar 50 gram. Dalam 0,5 mg the rambut jagung mengandung 1,6254×1021 nm partikel flavanoid. Dalam satu flavanoid mengandung 4,509 x 10-26 kg nanoflavanooid. Hal ini menunjukkan semakin kecil ukuran partikel maka semakin mudah diserap oleh tubuh.
Dengan menggunakan uji spektrofotometri, uji yang digunakan untuk mengetahui konsentrasi zat telarut dalam larutan tertentu dengan menghitung jumlah cahaya yang diserap oleh zat tersebut, maka didapatkan variasi partikel dari ≥250 µg, 250 µ, ≤125 µ dengan jumlah partikel 1,6254 x 1021 Nm.

 

        

“Kami merasa bangga dan bahagia mendapat kunjungan dari Wakil Menteri Agama RI, ditambah lagi kami juga bisa menjelaskan hasil riset kami tentang Naction Tea kepadanya. Semoga hasil riset kami dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat luas.” Tegas Mardhiah selaku ketua Tim Nano Teknologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Adapun Expo Karya Inovasi OASE PTKI II yang dibuka langsung oleh Wakil Menteri Agama RI kali ini diisi oleh berbagai bidang keilmuan, mulai dari ilmu keagamaan hingga sains dengan total keseluruhan 100 stand. Ada 11 kategori yang turut diperlombakan seperti; Robotic dan Pemograman, Nano Teknologi dan Kesehatan, Astronomi dan Ilmu Falak, Iklim Limbah dan Lingkungan, Arsitektur Islam, Literasi Teknologi, Produk Halal dan Ketahanan Pangan, Media Pembelajaran, Sosial Keagamaan, Karya Tulis Al-Quran serta Busnees Plan.