web analytics

UIN Suska Riau Sosialisasikan BIB 2023

uin-suska.ac.id Demi terlaksananya program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) tahun 2023, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau laksanakan sosialisasi kepada mahasiswa dan calon mahasiswa baru yang akan masuk ke UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dan dipusatkan di ruang rapat pimpinan lantai IV UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Senin (12 /06/2023). Hadir secara langsung Wakil Rektor I, Kepala Bagian Akademik dan dua orang narasumber yakni Dr. Rika Susanti dan Dr. Julina, sementara itu Kepala Biro AAKK hadir melalui zoom. Melalui sosialisasi BIB ini mahasiswa dan calon mahasiswa baru UIN Suska Riau bisa mengetahui secara mudah dan bisa ikut berkompetisi mendapatkan beasiswa kerjasama Kementerian Keuangan, LPDP dan Kementerian Agama.

Dr. Rika Susanti

Dr. Rika Susanti sebagai pemateri pertama menyampaikan bahwa BIB merupakan sebuah program beasiswa hasil kerjasama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dibawah Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama dengan target sasaran adalah perguruan tinggi dibawah PTKIN dan mahasiswa serta siswa yang berasal dari sekolah dibawah Kementerian Agama. Program beasiswa ini tersedia untuk mahasiswa program Sarjana, Magister dan Doktor. Sementara target sosialisasi kita pada hari ini adalah mahasiswa dan calon mahasiswa baru untuk Program Sarjana (S.1).
Lebih lanjut Dr. Rika menjelaskan bahwa beasiswa BIB ini ada dalam bentuk Umum, Prestasi dan Target, sementara pembiayaannya meliputi biaya pendidikan (biaya pendaftaran, SPP, bantuan biaya penulisan skripsi), biaya pendukung (transportasi, asuransi, biaya hidup bulanan), biaya tambahan (disabilitas) (biaya transportasi pendamping, asuransi kesehatan pendamping) dan biaya peningkatan kemampuan bahasa (Afirmasi). Untuk pelaksanaan tahapan yang akan dilalui diantaranya seleksi administrasi, seleksi akademik/skolastik dan seleksi wawancara dengan jadwal sebagai berikut :
– Pengumuman dan sosialisasi, 29 Mei – 19 Juni 2023
– Pendaftaran, 5 juni – 25 Juni
– Seleksi administrasi, 26 Juni – 2 Juli 2023
– Pengumuman hasil seleksi administrasi, 5 Juli 2023
– Seleksi skolastik, 7 – 12 Juli 2023
– Seleksi wawancara, 17 – 21 juli 2021
– Pengumuman hasil seleksi, 31 juli 2023

Dr. Julina

Untuk melakukan pendaftaran silahkan kunjungi melalui http://beasiswa.kemenag.go.id/ dengan mengisi dan meng-upload semua persyaratan yang ada.
Sementara itu Dr. Julina yang menjelaskan tentang persyaratan mengikuti seleksi BIB mengatahan bahwa syarat utamanya adalah lulusan satuan pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama, lulusan SMA atau SMK dibawah binaan Pondok Pesantren, Tendik pada satuan pendidikan menengah dibawah Kementerian Agama. Dr. Julina juga menjelaskan 16 program studi yang bisa dipilih di UIN Suska Riau antara lain Agroteknologi, Peternakan, Akuntansi, Ilmu Hukum, Aqidah dan Filsafat Islam, Studi Agama-Agama, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Bimbingan dan Konseling Islam, Ilmu Komunikasi, Manajemen Dakwah, Manajemen Pendidikan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag

Setelah penyampaian materi dari kedua narasumber, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang cukup pajang dan membuat peserta zoom merasa puas atas keterangan yang diberikan narasumber.
Diakhir zoom, Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada kedua narasumber dan calon mahasiswa baru yang sangat antusias pada sesi tanya jawab. Prof. Helmiati menekankan bahwa BIB ini dimaksudkan oleh pemerintah untuk meningkatkan SDM secara berkelanjutan dan perlu jadi catatan kita bersama bahwa kuota BIB tahun lalu tidak terpenuhi secara nasional maupun kuota untuk UIN Suska Riau. Prof. Helmiati juga menjelaskan bahwa BIB ini diperuntukkan bagi mahasiswa baru maupun calon mahasiswa baru diseluruh PTKIN, disamping harus mempersiapakan syarat administratif ada juga syarat membuat deskripsi diri yang harus menggambarkan siapa diri pelamar yang sifatnya kompetitif. Untuk hal ini Prof. Helmiati menekan agar dalam pembuatannya dapat menampilkan seluruh potensi dan prestasi yang kita miliki (Identitas diri, Prestasi diri dan Motivasi), sehingga dalam penilaiannya nanti, panitia menilai bahwa pelamar merupakan seorang yang patut dan layak untuk diberi beasiswa. Diakhir arahan, Prof. Helmiati berharap kepada mahasiswa dan calon mahasiswa baru UIN Suska Riau dapat mempersiapkan diri dengan baik dan mengikuti langkah dua orang mahasiswa UIN Suska yang sudah lebih dahulu mendapatkan BIB.

Penulis : Huzaini