web analytics

UPACARA ADAT BHINEKA TUNGGAL IKA : UIN SUSKA RIAU TAMPILKAN PAKAIAN KHAS MELAYU RIAU

uin-suska.ac.id Kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK XV) pada Rabu (10/11/2021) di lapangan utama Jakabaring Sport City Palembang, dimulai dengan giat Upacara Adat Bhinneka Tunggal Ika. Upacara adat khas gerakan pramuka yakni Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika mengawali prosesi dibukanya kegiatan tingkat nasional ini.
Pada upacara ini terdapat juga para kontingen mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah yang menggambarkan keberagaman adat dan budaya Indonesia yang berada dalam bingkai kepramukaan.
Kontingen pramuka UIN Suska Riau Fadli Dinul Hamzah dan Chindy Hermaida tampil menggunakan pakaian ciri khas melayu riau yaitu Teluk Belanga (putra) dan Kebaya Labuh (putri) yang terbuat dari kain tenunan khas melayu riau dengan corak dan warna yang cerah. Kedua pakaian adat tersebut merupakan warisan kebudayaan yang sering dikenakan pada saat upacara adat atau pernikahan.
Walaupun diguyur oleh hujan kontingen pramuka tetap melaksanakan upacara dengan khidmat dan semangat yang tinggi. Selain itu setelah melaksakan prosesi upacara adat kontingen dan bindamping juga akan diberikan pendalaman materi kepramukaan serta kegiatan bakti yang telah disusun oleh panitia penyelenggara PWN PTK XV 2021.

Penulis : Srihastuti
Photografer : Muzaiyanah
Editor : Kasubbag Humas