web analytics

SUKSES BERKARIR MELALUI KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL

uin-suska.ac.id Sebelum menyelesaikan studi dan berkiprah didunia kerja maupun masyarakat mahasiswa penerima beasiswa prestasi angkatan tahun 2018 dibekali dengan pembinaan mental dan spiritual. Pembinaan ini diberikan sebagai bentuk keseriusan UIN Suska dan Pemerintah Provinsi Riau dalam membekali mahasiswa yang mendapatkan beasiswa prestasi. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini memuat materi motivasi dan game center yang disampaikan oleh motivator dari manajemen Dekotoz Villa kabupaten Kampar. Penutupan kegiatan ini dilaksanakan di Dekotoz Villa kabupaten Kampar oleh Wakil Rektor II dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Tampak hadir dalam penutupan kegiatan ini Rektor, Wakil Rektor I, Kepala Biro AUPK, Kabag Kemahasiswaan dan Kasubag di Kemahasiswaan. 

Wakil Rektor I Dr. Hj. Helmiati, M.Ag dalam arahannya menyampaikan bahwa mahasiswa yang saat  merupakan mahasiswa penerima beasiswa prestasi sehingga diharapkan mahasiswa yang cerdas ini tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi cerdas secara emosional dan spiritual. Berdasarkan hasil penelitian Daniel Golmen menyebutkan bahwa seseorang yang sukses dalam karir dan dalam kehidupannya itu hanya dikontribusikan oleh kecerdasan intelektual 20% saja sedangkan 80% berasal dari kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional merupakan seseorang yang mampu mengelola rasa dalam dirinya secara professional. Sehingga rasa itu mampu kita kelola dengan baik dan yang muncul adalah ekspresi mampu berempati. Jadi kecerdasan emosional ini akan mampu membawa seseorang untuk sukses berkarir ditengah-tengah masyarakat bahkan dimana saja mereka berada. Jadi kita berharap bahwa lulusan UIN Suska Riau tidah hanya cerdas secara intelektual, tetapi cerdas secara spiritual dan emosional, sehingga dalam proses perkuliahan mereka sudah dibekali dengan kurikulum kompetensi keislaman, jelas Helmiati.

Sementara itu Wakil Rektor II Dr. H. Mas’ud Zaen, M.Pd sebelum menutup kegiatan pembinaan mental dan spiritual mahasiswa berprestasi angkatan tahun 2018 dari Provinsi Riau ini diawali dengan memberikan motivasi dan game center untuk memberikan semangat serta keceriahan kepada mahasiswa. Selanjutnya Mas’ud berharap bahwa beasiswa yang didapat ini membawa berkah untuk kita semua dan para pejabat yang sudah membantu dalam proses penerimaan beasiswa ini sehat selalu dan suskses dalam melaksanakan tugas. Kedepan kita berharap semoga beasiswa yang diberikan semakin besar terutama untuk mahasiswa UIN Suska Riau. Diakhir sambutan dengan mengucapakan alhadulllahirobbil ‘alamin kegiatan pembinaan mental dan spiritual mahasiswa berprestasi angkatan tahun 2018 dari Provinsi Riau resmi ditutup, tegas Mas’ud.

Penulis : M. Huzaini

Foto : Robil Alam Nur

Editor : Kasubag Humas