web analytics

UIN SUSKA RIAU SERAHKAN BEASISWA BIDIKMISI

uin-suska.ac.id Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari Kemenag ( Kementrian Agama ) Pusat bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik yang baik dan berprestasi tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi . Beasiswa Bidikmisi ini memberikan bantuan biaya kuliah serta biaya hidup bagi mahasiswa sejak masuk kuliah sampai semester 8 untuk mahasiswa S1 dan progam D3 sampai semester 6 dan proses penerimaan beasiswa bidikmisi ini sudah dimulai dari awal proses pedaftaran untuk sebuah perguruan tinggi agama yang ada di seluruh Indonesia.

UIN Suska Riau sendiri telah menyalurkan beasiswa bidikmisi on going (mahasiswa yang sedang dalam proses studi)  kepada 866 mahasiswa dengan rincian Bidik Misi On Going 2017 sebanyak 193 orang, Bidik Misi On Going 2018 sebanyak 200 orang, Bidik Misi On Going 2019 sebanyak 473 orang  Sedangkan pada tahun 2020  Beasiswa bidikmisi di ganti nama dengan Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar ) kuliah dan UIN Suska Riau juga telah menyerahkan beasiswa KIP kuliah kepada 500 mahasiswa yang di serahkan kepada rekening mahasiswa bersangkutan dengan proses melalui KPPN cabang Pekanbaru.

Proses pencairan beasiswa di lakukan oleh bagian keuangan melalui KPPN dan KPPN lah yang menyalurkan ke rekening mahasiswa bersangkutan. Untuk beasiswa KIP Kuliah SP2D (surat perintah pencairan dana) keluar pada tanggal 16 Agustus 2021,on going 2019 tanggal 06 Agustus 2021, on going 2018 tanggal 04 Agustus 2021 dan yang terahir on going 2017 tanggal 20 Agustus 2021.

Mahasiswa Bidikmisi yang telah menerima bantuan diharafkan bisa  mempertahankan IPK minimal 3,00 sebagai syarat keberlanjutan beasiswa dan bagi penerima KIP kuliah IP minimal 3.00. Bantuan ini di pergunakan untuk pembayaran SPP dan biaya hidup ( living cost).

Penulis : Sukmawati

Editor : Kasubag Humas