web analytics

KOMINFO Pekanbaru Rekrut Start Up Di UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Jum’at 27 Agustus UIN Suska Riau mendapat kunjungan dari pihak Kominfo. Tujuan kedatangan Kominfo ke UIN Suska untuk mengadakan penjajakan kerja sama dengan UIN Suska Riau. Acara penjajakan kerjasama ini di hadiri oleh Wakil rektor III, Kepala Biro AUPK, Kepala PTIPD serta para Wakil Dekan di lingkungan UIN Suska Riau yang bertempat di ruang rapat pimpinan Lt. IV gedung Rektorat UIN Suska Riau.

Edi Irwan, ST, M,Sc , Ph.D yang mewakili rektor UIN Suska sangat mengapresiasi kedatangan pihak kominfo dan berharap kedatangan kali ini bisa di lanjutkan kepada tingkat selanjutnya. “ yang paling penting dalam kunjungan kali ini bisa membuka peluang kerjasama baik di tingkat tendik , dosen maupun mahasiswa agar bisa terciptanya kerjasama yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pihak kominfo yang mau menyampaikan presentasinya kepada pihak UIN Suska dan mudah-mudahan acara ini bisa di berkahi oleh Allah SWT’ Ujar Edi Irwan.

 Di lain kesempatan Founder dan CEO meet up coworking Pekanbaru Shiella Priscilla menyampaikan presentasinya kepada pihak pimpinan UIN Suska Riau. Dalam Presentasinya ia menyampaikan beberapa keunggukan dari Program yang akan di tawarkan ini.”Program ini kami sebut dengan program 1000 start up digital yang merupakan program dari kementrian kominfo dalam rangka menciptakan ekosistem start up digital di Indonesia dan tentunya untuk melahirkan lebih banyak talenta digital di Indonesia. Tujuanya dengan di adakanya start up bisa menjadi solusi juga bagi permasalahan lokal karna memang start up ini bertujuan untuk memecahkan masalah dan program ini akan dilaksanakan secara online dan merupakan program gerakan nasional, jadi kita akan bekerjasama dengan 20 kota lainya yang  ada di seluruh Indonesia bersama-sama kita akan menjalankan program ini selama 6 bulan kedepan. Kita akan medidik anak-anak dari zero to hero. Anak-anak yang ingin berwirausaha yang mempunyai ide tetapi masih belum tau bagaimana caranya mengembangkan dan menuangkan ide tersebut dalam bentuk eksekusi, harapanya dengan mengikuti program ini bisa menjadi wadah  yang aman untuk  mereka bisa mencoba bereksperimen menjalankan  ide nya mereka’ Jelas Shiella.

Untuk Start up sendiri sebenarnya banyak yang keliru dalam istilah start up ini sampai kalau kita cari di dalam internet pun juga banyak istilah start up . Sebenarnya start up itu adalah bisnis model yang skillable dan repeatable jadi proses mencari-cari bisnis seperti apa yang bisa di kembangkan dan bisa di jiplak’ tambah Sheilla.

Presentasi yang di sampaikan oleh pihak kominfo itu sangat menarik sehingga ada beberapa pimpinan yang melakukan Tanya jawab di antaranya ada Fitra Lestari Norhiza, ST, M.Eng, P.Hd wakil dekan Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Fakultas Sains dan Teknologi dan Dr. Okfalisa, S.T., M.Sc., Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data.

Untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT acara ditutup dengan pembacaan do’a oleh Dr. Azni, S.Ag., M.Ag., Kepala Pusat Ma’had Al-Jami’ah UIN Suska Riau. Diharapkan dengan adanya penjajakan kerjasama ini bisa di lanjutkan ke tingkat selanjutnyasehingga bisa memberikan peluang kewirausahaan berbasis teknologi digital ke seluruh penjuru Nusantara.

Penulis : Sukmawati

Photografer : Muzaiyanah

Editor : Kasubag Humas