web analytics

Danrem 031 Wira Bima Ajak Aksi Nyata Bela Negara

uin-suska.ac.id Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima, Brigadir Jenderal TNI M. Syech Ismed, SE, M. Han memberikan orasi ilmiah dengan tema “Moderasi Beragama untuk Kebangsaan dan Ke-Indonesiaan” pada acara Wisuda Program Doktor ke-32, Program Magister ke-62, Program Sarjana dan Diploma ke-82 Periode V Tahun Akademik 2020/2021 yang dilaksanakan dengan prokes ketat di lantai V gedung Rektorat UIN Suska Riau secara offline dan online, Rabu (23/6/2021).

5

Dalam orasinya beliau menjelaskan bahwa Moderasi beragama merupakan tidak berpikiran dan berpandangan berlebihan, tidak ekstrim dan tidak  radikal. “Salah satu yang perlu diwaspadai dan menjadi perhatian kita semua dalam moderasi beragama  adalah pendekatan keagamaan negatif berupa adu domba yang sangat potensial dan efektif dimanfaatkan oleh pihak-pihak luar”, jelas Ismed.

2

Lebih lanjut, Jenderal yang merupakan Putera asli Riau ini mengajak semua wisudawan untuk  setia terhadap Pancasila dan melakukan aksi nyata bela negara.“Sebagai negara dengan letak strategis yang kaya akan sumber daya alam, kaya jumlah penduduk, kaya budaya, tentunya banyak dilirik oleh bangsa lain. Hal ini bisa menjadi salah satu ancaman untuk kita semua. Karenanya aksi nyata bela negara harus kita lakukan”. Ujar Ismed.

1

Bela negara merupakan tekad, sikap dan perilaku serta tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, keselamatan bangsa dan negara, yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dari ancaman.

Adapun esensi nilai-nilai yang terkandung dalam bela negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan memiliki kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik, jelas Ismed.

“Mari kita hidupkan aksi nyata bela negara di keseharian kita dengan membantu pemerintah mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju, tidak mudah terprovokasi dengan berita hoax, membantu pendidikan karakter dan menyiapkan generasi penerus bangsa yang siap menyonsong dunia serba digital. Dimasa Pandemi Covid-19 ini, ada beberapa aksi nyata bela negara yang bisa kita lakukan, diantaranya menerapkan protokol kesehatan Covid-19, turut berbagi dan peduli membantu dilingkungan kita dan mengikuti vaksinasi”. Tegas Ismed.

Orasi Ilmiah Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE., M. Han Danrem 031 Wira Bima
Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE., M. Han Danrem 031 Wira Bima

Terakhir beliau mengucapkan tahniah kepada wisudawan dan berpesan untuk menjaga nama besar UIN Suska Riau yang sesuai dengan yang tertuang dalam Hymne dan Mars UIN Suska Riau serta visi misi Rektor UIN Suska Riau.

Penulis : Azmi

Foto : Sri

Editor : Kasubag Humas