web analytics

PEKAN KREAKTIVITAS MAHASISWA (PKM) II SE-SUMATERA RESMI DIMULAI

 

uin suka.ac.id Bakat dan minat merupakan suatu hal yang mesti dan harus dikembangkan, apalagi bagi seorang mahasiswa di suatu perguruan tinggi. Melalui kegiatan Pekan Kreaktivitas Mahasiswa (PKM) II PTKIN se-Sumatera ini akan lahir dan muncul mahasiswa yang berprestasi dan berbakat dalam berbagai bidang, sehingga seorang mahasiswa tersebut secara akademik tidak hanya mendapatkan ilmu namun mereka juga punya kompetensi dan skil. Kegiatan PKM II ini akan diikuti oleh 20 dari 22 PTKIN se-Sumatera dengan mengusung tema “Mengembangkan Potensi, Meraih Prestasi dan memperkuat Silaturrahmi menuju PTKIN yang Kompetitif”. Kegiatan ini dibuka langsung secara virtual oleh Prof. Dr. H.M. Ali Ramdhani (Direktur Jendral Pendidikan Islam).

IMG-20210527-WA0023
Selaku ketua panitia Dr. Ikhwan Matondang, S.H., M.A mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor yang telah banyak dan sangat membantu terhadap kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini. Demikian juga ucapan terima kasih kepada bapak Dirjen, Direktur PTKI dan seluruh keluarga besar Kementerian Agama RI. Selanjutnya ucapan terima kasih dan kerjasama yang baik kepada bapak Rektor dan para Ketua, Wakil Rektor dan Wakil Ketua, Forum Wakil Rektor III di wilayah Sumatera serta seluruh panitia yang telah bekerja keras demi suksesnya kegiatan ini. Selanjutnya kami juga mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa yang telah mempersiapkan diri untuk bertanding dan kami berharap junjunglah sportivitas demi meraih prestasi.
Sementara itu Ketua Forum Wakil Rektor (WR) III se-Sumatera Dr. K.H. Isroqun Najah, MA dalam sambutannya menyampaikan atas nama Forum WR III mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang yang setinggi-tingginya dan setulus-tulusnya atas penyelenggaraan PKM II se-Sumatera ini. Kami berharap semoga kegiatan ini mendapat keberkahan buat kita semua demikian juga kami berharap para mahasiswa betul-betul mengikrarkan diri sebagai seorang mahasiswa di PTKIN yang memiliki kemampuan, kapasitas dan kapabilitas yang tidak diragukan diantara generasi muda di Indonesia.

IMG-20210527-WA0024
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc., MA selaku penyelenggara PKM II se-Sumatera ini menyampaikan bahwa kegiatan ini sebenarnya sudah terundur dari tahun 2020 kemaren akibat dari dampak Covid-19. Namun pada saat ini karena kita bangsa Indonesia masih dalam suasana Covid-19 maka kegiatan ini akan kita laksanakan dengan dua system yakni daring dan luring. Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah menjalin ukhuwah sesama civitas akademika PTKIN se-Sumatera. Mahasiswa-mahasiswa kita selain kita bekali dengan ilmu mereka juga harus kita bekali dengan kompetensi-kompetensi lain atau skil sebelum mereka menjadi alumni dan terjun ketengah-tengah masyarakat, sehingga mereka lebih mudah melakukan pengabdian untuk bangsa ini baik pengabdian dalam bidang akademik, olahraga, seni, politik dan sebagainya. “Jadi PKM ini salah satu tujuannya adalah membantu, membangun dan mendorong kompetensi atau skil itu bisa berkembang dengan baik”, jelas Rektor.

IMG-20210527-WA0027

IMG-20210527-WA0025

IMG-20210527-WA0026
Kegiatan pembukaan diakhiri dengan penyematan tanda peserta oleh Rektor Imam Bonjol Padang kepada perwakilan peserta.

Penulis : M. Huzaini
Foto : Nurazmi
Editor : Nurazmi