web analytics

REKTOR UIN SUSKA RIAU SAMPAIKAN TAUSHIYAH QOBLA ZUHUR DI MASJID AGUNG AR-RAHMAN KOTA PEKANBARU

 

uin suka.ac.id Sebagai bagian dari kunjungan dan silaturrahmi Rektor UIN Suska terpilih, Prof. Dr. Hairnnas Rajab, M.Ag, Kamis, 27/05/2021 kembali bersilaturahmi sekaligus memberikan taushiyah dihadapan jama’ah masjid Agung Ar-Rahman Kota Pekanbaru. Sebagaimana biasanya sebelum pelaksanaan Sholat fardhu Zuhur secara berjama’ah di masjid tersebut secara rutin melaksanakan kegiatan yang diberi nama Taushiyah Qobla Zuhur. Pada kesempatan itu turut hadir Prof. Dr. H. Ilyas Husti, M.Ag selaku Ketua Harian beserta pengurus masjid lainnya, H. Sarbaini, MH yang juga Kabag Kesra Kota Pekanbaru dan para imam masjid paripurna tingkat kecamatan di kota Pekanbaru. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

IMG-20210528-WA0004
Dalam taushiyahnya Rektor Prof. Khairunnas menyampaikan bahwa ada beberapa penyakit hati yang harus kita jauhi dalam kehidupan kita ini. Adapun penyakit tersebut adalah Pertama menghilangkan sifat angkuh yang akan membuat kita binasa dan akan lebih binasa dari pada fir’aun, Kedua menghilangkan sifat dendam yang akan meluluhlantakkan silaturahim kita bahkan akan mencederai kehidupan kita kedepannya. Ketiga menjauhi sifat Ujub yang akan melahirkan orang-orang yang tidak berprikemanusiaan sehingga akan merugikan kita sendiri. Keempat menjauhi sifat hasad yang merupakan penyakit hati dalam diri seseorang. Kelima menjauhi sifat Riya yang akan merusak diri dan amalan sseseoran.

IMG-20210528-WA0003
Lebih lanjut Prof. Hairunas menegaskan bahwa kelima penyakit hati ini harus kita kikis habis-habis dalam diri kita dan tidak boleh ada dalam diri kita. “Kalaulah sifat ini bisa dijauhi dan kita hindari dari diri kita maka akan bisa menciptakan islam washotiah dibumi melayu ini, bertawazu’, berkeadilan dan beretika”, tegas Prof. Hairunas.
Setelah selesai pelaksanaan sholat fardhu zuhur berjama’ah, Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag langsung dijamu dengan makan siang bersama oleh pengurus Masjid Agung Ar-Rahman Kota Pekanbaru.

Penulis : M. Huzaini
Foto : Lasmasari
Editor : Azmi