web analytics

Libatkan tiga Negara di Dunia UIN Suska Riau Kembali Organisir Summer School

Uin-suska.ac.id Demi menggapai tekad sebagai World Class University, UIN Suska Riau terus menggeliat berkiprah sesuai tugas dan perannya. Tentunya tak hanya dalam ruang lingkup nasional, namun juga Internasional. Salah satunya melalui kegiatanSummer School, yang pada tahun ini melibatkan tiga negara di dunia. Yakni, Indonesia, Jerman dan Belgia

Seperti diungkapkan Ketua Dewan Pengurus EnReach Kunaifi, yang juga dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau Rabu (7/5), kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama akademik antara UIN Suska Riau dan OstbayerischeTechnische Hochschule Amberg-Weiden (OTH-AW), dalam bentuk kuliah musim panas (summerschool).

Kegiatan yang dikelola sejak tahun 2012 oleh Energy Research Centre (EnReach) FST UIN Suska Riau tahun ini akan dilaksanakan di Belgia dan Jerman, mulai tanggal 11-26 September 2015 mendatang. Untuk tahun ini, khusus mengambil topik “Resource Efficiencyin Entrepreneurship & Leadership.” “Jika sebelumnya peserta hanya berasal dari UIN Suska Riau, tahun ini juga melibatkan OTH-AW, UIN Jakarta, UGM Yogyakarta, dan UIN Bandung”. Ungkap Kunaifi.

Ditambahkan Kunaifi, UIN Suska Riau akan diwakili oleh empat orang mahasiswa summerschool Indonesia-Jerman di bawah bimbingan EnReach, dan enam mahasiswa summerschool Indonesia-Belgia di bawah bimbingan Dr Okfalisa yang juga Wakil Dekan III FST UIN Suska Riau. “Ke sepuluh mahasiswa akan didampingi ke Belgia dan Jerman oleh MelfaYola ST M.Eng, dosen Jurusan Teknik Industri FST. Para mahasiswa UIN Suska Riau berasal dari FST sebanyak 5 orang, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 3 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 1 orang, dan Fakultas Pertanian & Peternakan 1 orang” ungkap Kunaifi.

Partisipasi UIN Suska Riau dalam kegiatan summerschool ini sebenarnya telah dimulai sejak tahun 2012 silam, yang dilaksanakan di Jakarta, Kepulauan Seribu, Tangerang, dan Yogyakarta. Pada tahun 2013 kegiatan dilanjutkan di Jerman, dan pada tahun 2014 dilaksanakan di Pekanbaru, Tandun Kampar, Batang Jateng, dan Yogyakarta.

Tujuan utama kegiatan summerschool ini, menurut Kunaifi, adalah untuk mengidentifikasi peluang-peluang bisnis dalam bidang energi terbarukan, efisiensi energi, dan ekologi; dengan memperhatikan kondisi lokal dan memanfaatkan pengetahuan yang relevan. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk melatih kepemimpinan mahasiswa dan membina kecakapan ekonomi, serta untuk membangun relasi antar negara melalui pemahaman kebudayaan masing-masing. “ Ini tentunya akan bermanfaat bagi karir masa depan mahasiswa, jika mereka memiliki pemahaman tentang isu energi dan lingkungan saat ini, mengembangkan ide bisnis dari isu-isu lokal, dan membuat rencana bisnis sederhana, yang dapat mereka realisasikan di masa depan, dengan memanfaatkan relasi antar bangsa yang mereka bangun melalui kegiatan ini,” jelas Kunaifi.

Bersamaan dengan itu, Okfalisa menjelaskan bahwa interaksi intensif antara mahasiswa ketiga negara selama dua minggu kegiatan summerschool, diharapkan tidak hanya memberi mahasiswa ilmu pengetahuan, tetapi juga  membangun karakter mahasiswa sehingga mereka menyadari kesetaraan antara mereka. “Rasa percaya diri, kesetaraan, saling menghargai, dan komunikasi, adalah beberapa syarat penting yang akan menunjang kesuksesan karir lulusan kita,” kata Okfalisa.

Kegiatan summerschool dilaksanakan secara dinamis, menggabungkan kuliah di dalam kelas, mengerjakan tugas-tugas studi kasus, survei lapangan, diskusi dan presentasi. Ditambahkan Kunaifi, Setelah tiga tahun mengikuti kegiatan summerschool, para peserta mengaku mendapatkan pengalaman yang berharga, dan hingga kini mereka tetap membina komunikasi sesama peserta antar negara.

Pada tahun 2016, kegiatan kembali direncanakan digelar di Indonesia. Peserta yang terpilih mengikuti summerschool 2016 dan lulus dengan nilai memuaskan akan mendapatkan tiket mengikuti summerschool di Jerman dan Belgia tahun 2017.

Dalam kesempatan tersebut Kunaifi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Rektor UIN Suska Riau para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas dan semua pihak yang telah membantu.

Sedangkan Key people dalam summerschool ini, UIN Suska Riau, Kunaifi, Okfalisa, MelfaYola. Dari OTH AW Prof. Magnus Jaeger, Prof. Manfred Beham. Dari UIN Jakarta, Prof. Margareth Gfrerer, Prof. Lily Surraya dan dari UGM, Dr. Taryono.

Editor: Suardi

Kontributor: Kunaifi

(Tim liputan Suska News: Donny, S.Sos, Azmi, ST, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id 

Leave a Reply