web analytics

Bank Syari’ah Mandiri Berikan Bantuan Beasiswa dari Zakat Bagi Mahasiswa Miskin Berprestasi UIN Suska Riau

uin-suska.ac.id Senin (27/4)sekitar pukul 11.30 WIB, Kepala Cabang PT Bank Syari’ah Mandiri (BSM) Pekanbaru , Ricky Rikardo M, bersama Sub Branch Manager BSM KCP Panam, Gita Mega Sari dan tiga orang karyawan BSM lainnya menyambangi UIN Suska Riau. Kedatangan mereka terkait penyaluran bantuan beasiswa sekaligus penandatangan kesepakatan kerjasama terkait bantuan tersebut.

Rombongan BSM disambut kuasa Rektor UIN Suska Riau, yang juga Wakil Rektor I, Dr Hj Helmiati M.Ag diruang rektor, Lantai IV Gedung Rektorat UIN Suska Riau. Bersama kuasa rektor, juga tampak hadir Wakil Rektor III, Dr Tohirin, Mpd, kepala Biro AAK UIN Suska Riau, Dra Kafrina, beserta Kabag dan Kasubbag di lingkungan UIN Suska Riau.

Seperti diungkapkan kepala cabang BSM Ricky Rikardo M, bantuan ini merupakan wujud nyata dari program BSM. Dimana BSM memiliki program induk, membangun peradaban Islam. “nah pemberian beasiswa bagi mahasiswa miskin berprestasi bagi perguruan tinggi Islam khususnya UIN Suska Riau, merupakan salah satu bentuk wujud nyata dari program tersebut” ungkapnya.

Ditambahkan Ricky,  di BSM sendiri ada kesepakatan untuk menyisihkan 2,5 persen dari gaji karyawan dan juga 2,5 persen dari total keuntungan, untuk keperluan zakat yang dikumpulkan badan Amil Zakat BSM. “beasiswa ini termasuk dikumpulkan dari zakat-zakat tersebut” ungkapnya. Untuk itu kita sangat berterimakasih atas penyaluran zakat ini.

Pada pertemuan yang penuh keakraban, Ricky secara khusus juga menyampaikan terimakasih atas kepercayaan dan kerjasama yang terjalin dengan UIN Suska Riau selama ini. Dimana, BSM juga menjadi salah satu lembaga yang dipercaya dalam pengelolaan SPP mahasiswa UIN Suska Riau. “Sekarang para alumni UIN Suska Riau juga telah banyak yang bekerja di BSM, dan alhamdulillah, kinerja mereka dinilai cukup baik” ujar Ricky. Semoga jalinan silaturahmi yang telah terjalin antar kedua lembaga bisa makin kuat dan meningkat.

Sementara itu kuasa Rektor UIN Suska Riau, Dr Hj Helmiati, M.Ag dalam sambutannya mengungkapkan, rasa berbesar hati dan bebangga atas kerjasama penyaluran beasiswa ini. Dimana BSM memberikan perhatian lebih pada UIN Suska Riau, melaui kesepakatan kerjasama dalam pemberian bantuan beasiswa ini.

Memang jika dilihat dari jumlah mahasiswa UIN Suska Riau yang saat ini sudah mencapai 30 ribu orang, rata-rata dari ekonomi middle class kebawah. Mereka kebanyakan berasal dari berbagai daerah di tanah air, dan juga negara-negara Asia dan Afrika. Untuk mengatasi kesulitan pembayaran uang kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari kelas ekonomi menengah kebawah ini, dalam beberapa tahun terakhir,  UIN Suska Riau sebenarnya  telah menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dimana diharapkan adanya subsidi silang, bagi mahasiswa kurang mampu, dan juga pemberian beasiswa lainnya seperti BIDIK MISI.

Namun hal itu dirasakan belum sepenuhnya mampu mengatasi kesulitan finansial mahasiswa. Mudah-mudahan melalui penyaluran beasiswa dari BSM dan kerjasama lainnya, disamping memberikan pengaruh materil, juga diharapkan memberikan pengarul moril dan spiritual bagi mahasiswa kurang mampu di UIN Suska Riau.

Untuk itu atas nama rektor, Helmiati mengucapkan terimakasih. Semoga bantuan beasiswa dan kerjasama lainnya bisa berlanjut dan memberikan manfaat bagi kedua lembaga.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@ uin-suska.ac.id 

Leave a Reply