web analytics

Tiga Kunci Utama Pelaksanaan Tugas Pegangan Menwa

uin-suska.ac.id Kamis (23/4) pagi, bunga papan selamat tampak berdatangan dihalaman gedung rektorat UIN Suska Riau. Kesibukan tampak semakin meningkat, begitu jarum jam menunjukkan pukul  15.00 WIB. Ratusan orang berseragam ala militer berdatangan, diantaranya memakai baret ungu, kian memadati lokasi yang dilengkapi sebuah tenda berwarna hijau kombinasi kuning itu.

Dalam sekejap, mereka telah membentuk barisan-barisan rapi. Begitu rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami MA, turun dari lantai IV gedung rektorat menuju lokasi, secara serentak para komandan barisan menyiapkan barisan masing-masing. Ternyata sore itu tengah dilangsungkan Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) satuan 042/IB UIN Suska Riau periode 2014-2015, dengan rektor selaku Inspektur Upacara.

Setelah penghormatan dan laporan komandan upacara, tampak dua orang Menwa yang dikawal dua orang beseragam Provos, membawa sebuah bendera ungu yang merupakan tunggul satuan. Hadirin yang hadir pun sontak berdiri, yang dilanjutkan dengan penghormatan kepada tunggul satuan. Setelah semua hadirin dipersilahkan duduk kembali, upacara dilanjutkan dengan pengucapan Panca Dharma Satya Resimen Mahasiswa Indonesia.

Sejurus kemudian pejabat lama, komandan Menwa satuan 042/IB UIN Suska Riau, Wan Yafizar dan komandan baru terpilih Andy Syahri, mengambil tempat yang diikuti tunggul satuan. Rektor pun menghampiri kedua pejabat, untuk melakukan penanggalan dan pemasangan tanda jabatan, yang diikuti serah terima tunggul satuan. Penandatanganan serah terima jabatan dilakukan, yang disaksikan langsung rektor, selaku inspektur upacara.

Dalam amanatnya, rektor UIN Suska Riau mengungkapkan, tiga kunci utama pelaksanaan tugas pegangan Menwa yakni, Komitmen, Integritas dan Loyalitas. Dengan tiga kunci itu, rektor berharap agar orientasi kemajuan Menwa UIN Suska Riau yang terprogram dan bersistem menjadi fokus dalam pelaksanaan tugas.

Disamping itu pelaksanaan tugas Menwa juga harus berorientasi kedisipilinan dan ketertiban. Dengan mengacu pada Tupoksi dan peraturan undang-undang yang berlaku. Kedua pejabat lama dan baru, juga harus senantiasa belajar dalam kepemimpinan Menwa.

Tampak hadir dalam upacara tersebut, disamping para pimpinan UIN Suska Riau, juga dari korem 031 Wira Bima, Danmen Indra Pahlawan, Dandim 0301 Pekanbaru, Wadan Yonif 132/Bima sakti, Kepolisian Sektor Tampan, juga dari Dan Ramil serta dari unsur Brimob. Tampak juga para anggota Menwa dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di Riau. Upacara juga dimeriahkan dengan penampilan seni bela diri dari para anggota Menwa satuan 042/IB UIN Suska Riau.

Penulis: Suardi

(Tim liputan Suska News: Azmi, Donny, PTIPD)

redaksi@ uin-suska.ac.id

Leave a Reply