web analytics

Dari Kunjungan Rektor UIN Suska Riau ke Thailand Didaulat Sebagai Tamu Kehormatan dan Narasumber The 3rd International Islamic Studies

uin-suska.ac.id  Rona kelelahan masih tersirat diwajah rektor UIN Suska Riau, Prof Dr H Munzir Hitami, MA Selasa (31/3) kemarin. Ditambah lagi sejumlah agenda padat yang mesti diikuti sejak sampai di tanah air Senin (30/3) kemarin. Namun demikian ia tetap semangat mengamati, mencermati dan kadang membubuhkan tandatangan di sejumlah berkas yang tampak mulai menumpuk di meja kerjanya.

Terang saja, selama sepekan sejak Minggu (22/3) lalu, rektor beserta rombongan melakukan perjalanan dinas ke negeri Gajah Putih Thailand. Berbagai kegiatan pun mengiringi perjalanan dinasnya. Mulai dari menghadiri konferensi Internasional, menjadi narasumber sekaligus tamu kehormatan, penandatanganan MOU dan sejumlah kegiatan lainnya.

Tepat Pukul 07.00 WIB Minggu (22/3) paginya, rektor beserta rombongan sudah berada di Bandara Sultan Syarif Kasim Riau menuju Bandara Soekarno Hatta. Sesampai di Bandara Soekarno Hatta, pukul 18.20 WIB rombongan melanjutkan penerbangan ke International Airport ke Suvarnabhumi International Airport, Bangkok. Tak berselang lama, Rombongan kembali harus transit menuju Hatyai International Airport di Songkhla, tempat The 3rd International Islamic Studies Conference digelar.

Esoknya, tepat pukul 8.10 WIB serangkaian opening ceremonial The 3rd International Islamic Studies Conference: Islamic Values in A Changing World, di College Islamic Studies Prince of Songkhla University (PSU) digelar. Dilanjutkan dengan Pertemuan resmi dengan perwakilan RI / KJRI di Songkhla.

Selasa Pagi tepat pukul 08.20 WIB, agenda berlanjut dengan pertemuan dengan Pimpinan College of Islamic Studies(CIS) dan Pimpinan (PSU) terkait pelaksanaan Evaluasi implementasi MoU, Perpanjangan MoU, penyampaian rencana kerja dan international conference. Pada kesempatan ini, pimpinan PSU menyoroti kegiatan exchange program antara UIN Suska Riau dan PSU sangat signifikan dan berdampak positif dalam meningkatkan mutu akademik mahasiswa. Tak hanya itu, para mahasiswa Thailand yang mengikuti exchange program, tampak lebih unggul dan berbeda, karena diperkaya nilai-nilai pemahaman budaya, Bahasa, aktivitas kampus di UIN dan hal-hal bermanfaat lainnya. Hadir dari Pihak PSU, President University, Assoc. Prof. DR. Chusak Limsakul, DR. Yusof Talek selaku Direktur CIS vice rector for international affairs, dekan dari berbagai fakultas, direktur pascasarjana, vice rector for academic affairs, seluruh staff official dari International office.
Dalam pertemuan ini, dibahas juga draft MoU untuk diperpanjang dan jadwal penandatanganan sempena international conference. Dimana pihak PSU akan memberikan bantuan beasiswa kepada dosen PSU untuk S2, dan S3 dalam rangka summer university camp untuk 2 orang ke UIN Suska. PSU juga menerima hasil riset para dosen UIN Suska Riau untuk diterbitkan di international journal, seminar bersama dan visiting professor.

Pukul 13.30 siangnya, Rektor mengikuti konferensi internasional. Dimana rektor UIN Suska Riau didaulat sebagai tamu kehormatan sekaligus narasumber dengan mengangkat tema transformasi UIN Suska Riau dari institute menjadi univeristas islam negeri. Dalam makalah yang dipaparkan disampaikan konsep tentang integrasi ilmu (sains-teknologi dengan nilai-nilai keislaman-red) sebagai ciri khas UIN Suska Riau. Beragam tanggapan pun mengemuka dari peserta. Intinya, mereka cukup terkesan dan mengapresiasi khazanah keilmuan yang dikembangkan di UIN Suska Riau. Apalagi konsep yang dipaparkan sejalan dengan maksud dan tujuan diselenggarakan muktamar akbar ini; Islamic values in a changing world.

Tak sampai disitu, panitia konferensipun mengundang rektor secara khusus dalam pertemuan tokoh-tokoh dari 31 negara di dunia itu, untuk memberikan masukan dan tindak lanjut terhadap rekomendasi yang dihasilkan. Adapun rekomendasi tersebut terkait tiga hal, yakni pendidikan, riset dan perubahan sosial.

Perjalanan rektor dan rombongan juga diisi Kunjungan akademik ke Attarkiah Islamiah Institute di Narathiwat sekaligus dilakukan pembahasan draf MoU untuk diperpanjang dan ditandatangani. Kunjungan juga dilanjutkan ke Sekolah Islam Sri Ayuttaya sebelum akhirnya pada Sabtu (28/3) rektor beserta romobongan kembali ke tanah air.

Penulis : Suardi
Tim liputan Suska News ( Absor, Donny, Azmi, PTIPD)

redaksi@uin-suska.ac.id

Leave a Reply