web analytics

Eratkan Silaturrahmi Antar Mahasiswa Asing Dengan Festival Seni Budaya

PEKANBARU – Melihat jumlah mahasiswa asing yang terus meningkat di kampus Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN-Suska) Riau. Mahasiswa asal Malaysia menggelar Festival Seni Budaya dan Olahraga Mahasiswa Internasional untuk mempererat silaturrahmi antar mahasiswa Internasional.

Festival yang digelar semala tiga hari mulai dari 10 Oktober hingga 13 Oktober 2014 yang diikuti mahasiswa asal Malaysia, Indonesia, Thailand dan Vietnam tersebut menghadirkan Wakil Rektor III UIN-Suska Riau, Dr. Thohirin, M.Pd, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau, Edi Satria, M.Si dan Dato’ Moh. Amin Bin Zakaria, Pengerusi Jawatan Kuasa Pendidikan, Sains, Alam Sekitar dan Teknologi Hijau Negeri Perak.

Menurut panitia, Mohammad Kamil, acara ini semata-mata ingin mempereratkan tali persaudaraan antar mahasiswa dari berbagai negara yang ada di UIN-Suska Riau, dengan cara memperkenalkan budaya masing-masing dalam bentuk festival dan mencari bakat para mahasiswa internasional yang terpendam dalam olahraga dan seni.

Kamil berharap, dengan acara seperti ini dapat mempromosikan bahwa UIN-Suska Riau memiliki banyak mahasiswa Internasional.

Wakil Rektor III, Dr. Tohirin, M.Pd menyambut baik acara yang digelar mahasiswa internasional tersebut, menurutnya acara ini akan membuka jalan untuk masing-masing negara untuk saling mengenal lebih dekat.

Tohirin, juga berharap momen seperti ini hendaknya rutin dilakukan, agar persaudaraan antar negara serumpun lebih baik, dan dapat menarik mahasiswa-mahasiswa luar negeri untuk belajar di UIN-Suska Riau.

Dato’ Moh. Amin Bin Zakaria mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia karena mengizinkan pelajar-pelajar dari Malaysia untuk belajar di UIN-Suska Riau.

“Kegiatan ini penting bagi mahasiswa untuk mempererat tali silaturrahmi antar negara, meningkatkan keharmonisan dan semangat setia kawan, karena dengan begitu akan tercipta rasa kekeluargaan antar negara serumpun,”ujarnya

Mahasiswa asal Vietnam, Sarah Kyu, mengaku senang dengan festival ini, karena selain bisa berkumpul bersama mahasiswa internasional. Selain itu, juga tahu banyak kebudayaan dari Indonesia.

Kontributor : Lestari

Editor : Dewi Sukartik

Leave a Reply