web analytics

Luar Biasa, Tim Robotic dan Programming Sabet Medali perak

uin-suska.ac.id Tim Robotic dan Programming utusan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau berhasil menjadi juara kedua pada ajang Olimpiade Agama, Sains dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) II yang diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh PTKI Se- Indonesia ini berlangsung selama empat hari, 14-17 Juni 2023.

Tim Robotic dan Programming ini terdiri dari Ahmad Zulfadli sebagai Programmer, Deru Al-Azmi sebagai Engineer dan Dheka Firmansyah sebagai Graphic Designer merupakan mahasiswa prodi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi.

Pada kesempatan ini, tim Robotic dan Programming memperkenalkan Mining Monitoring Robot (MoniBot), robot yang berfungsi memonitoring udara area tambang yang dilengkapi dengan sensor pendeteksi gas berbahaya dan menggunakan modul LoRa sehingga robot dapat berkomunikasi dari jarak jauh dan dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Putut Son Maria selaku pembimbing dan juga Dosen di Fakultas Sains dan Teknologi mengaku tidak kaget dengan prestasi yang diperoleh tim Robotic dan Programming, pasalnya dalam sistem robot yang dibangun memuat teknologi terkini iot, AI dan konstruksi mekanik dan sensorik yang canggih. “Sebenarnya saya menargetkan tim MoniBot berhasil meraih juara 1 atau paling meleset juara 2, alasannya dalam sistem robot yang dibangun telah memuat teknologi terkini iot, kecerdasan buatan atau AI, konstruksi mekanik dan sensorik yang canggih dan semuanya rampung dalam waktu yang sangat mepet dan dana yang sangat terbatas.” Ujar Putut Son.

Selain itu, Putut Son juga memberikan apresiasi kepada tim yang dibimbingnya. “Mereka bertiga termasuk tim tangguh yang memiliki etos kerja dan komitmen tinggi, kompak, mau mengikuti petunjuk dan arahan pembimbing, mau belajar dan ulet. Jadi prestasi yang didapatkan oleh tim MoniBot adalah sepadan dengan usaha kerja keras dan kerja cerdasnya.” Tegasnya.

+Jika Himate
– Berkaryala!!!

UIN Suska Riau Gemilang dan Terbilang

Penulis : Azmi