web analytics

Expo Karya Inovasi, UIN Suska Riau tampilkan “Stickbaltint” dari Kelapa Sawit dan Madu Sialang

uin-suska.ac.id Kontingen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau merupakan salah satu kontingen yang lolos ke babak final pada bidang lomba Produk Halal dan Ketahanan Pangan pada Olimpiade Agama, Sains dan Riset Pergururan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) II tahun 2023 yang diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 14 s.d 17 Juni 2023.
Pada kesempatan ini 3 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Dilva Hardilla, Messy Silviana dan Shangga Mitha memperkenalkan Stickbaltint sebagai kosmetik halal multifungsi berbahan organik dari kombinasi Kelapa Sawit dan Madu Sialang.
Stickbaltint merupakan produk kosmetik yang ditujukan untuk melembabkan dan menyehatkan bibir secara alami. Produk ini dibuat dalam dua bentuk yaitu cair (tint) dan batangan (stick). Pelembab bibir yang dibuat dalam bentuk tint dibuat dengan mencampurkan minyak inti sawit dengan bahan lainnya seperti pengemulsi, ekstrak bayam merah dan madu, sedangkan dalam bentuk batangan dibuat dengan mencairkan minyak dengan lilin lebah madu sialang asli dan dicampur dengan pengemulasi dan ekstrak bayam merah dan madu.
Dilva Hardilla, selaku ketua tim menjelaskan bahwa proses menghasilkan minyak inti sawit dimulai dari pengumpulan biji sawit dan pembersihan, kemudian direbus agar mempermudah pengambilan inti sawit. Inti sawit yang didapatkan diblender hingga halus, lalu direbus dengan air bersih sampai minyak inti sawit keluar. Minyak inti sawit inilah yang digunakan dalam pembuatan Stickbaltint.
Lebih lanjut tim Produk Halal dan Ketahanan Pangan berharap Stickbaltint dapat dipasarkan sehingga penggunaan produk halal yang memberikan kenyamanan dan keamanan menjadi tujuan utama masyarakat Indonesia.