web analytics

Rombongan Negeri Kelantan Malaysia Kunjungi UIN Suska Riau: Langkah Menuju Kerjasama Pendidikan Internasional

uin-suska.ac.id UIN Suska Riau semakin mantap dalam langkah menuju kancah Internasional dengan membuka pintu kerjasama yang lebih luas, kali ini dengan Negeri Kelantan, Malaysia. Pada Kamis, 21 Maret 2024, Ruang Rapat Pimpinan Lantai IV Gedung Rektorat menjadi saksi pertemuan penting antara pimpinan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Menteri Besar Negeri Kelantan, Dato’ Panglima Perang, Hj. Moh. Nassuruddin Bin Hj. Daud beserta rombongan. Tujuan mereka adalah membahas prospek, strategi, dan pengembangan kolaborasi antara kedua belah pihak.

Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, M.Ag., dalam sambutannya, bangga menyampaikan keberhasilan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Suska Riau di Negeri Kelantan tahun sebelumnya. Ia juga menjelaskan rencana pengiriman mahasiswa untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ke Kelantan tahun ini. Dalam konteks PPL, mahasiswa akan terlibat langsung dalam praktik mengajar di sekolah-sekolah setempat, sebuah langkah signifikan dalam meningkatkan pengalaman akademik mereka.

Menteri Besar Kelantan, Dato’ Panglima Perang Hj. Moh. Nassuruddin, menggarisbawahi pentingnya hubungan kerjasama yang telah terjalin antara Kelantan dan UIN Suska Riau. Beliau menyambut baik upaya untuk mempererat kerjasama ini lebih lanjut.

Prof. Dr.H. Khairunnas, M.Ag menyoroti kesamaan visi antara UIN Suska Riau dan Negeri Kelantan, terutama dalam hal integrasi Agama dan Sains. Ia menekankan pentingnya integritas Sains dan Islam dalam budaya, seni, dan teknologi. Lebih lanjut, ia menegaskan kesiapan UIN Suska Riau untuk menyambut calon mahasiswa dari Maahad Tahfidz Sains Kelantan, dengan menawarkan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan mendukung bagi mereka yang ingin memperdalam pengetahuan yang mengintegrasikan Islam dan Sains.

Pertemuan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk bertukar gagasan dan ide, dan diakhiri dengan pertukaran cendera mata serta sesi foto bersama sebagai bukti komitmen untuk memperkuat kerjasama di masa mendatang. Dengan langkah-langkah ini, UIN Suska Riau semakin mantap dalam upaya untuk menjadi lembaga pendidikan yang gemilang dan terbilang secara Internasional.