web analytics

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU MELANGKAH KE TINGKAT INTERNASIONAL DENGAN KEGIATAN PPL DAN KKN

uin-suska.ac.id Pada Senin, 04 Maret 2024, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau mengadakan Zoom Meeting dengan jajaran pimpinan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Pertemuan ini dihadiri oleh Wakil Dekan III Dr. Amirah Diniaty, M.Pd. Kons, Wakil Dekan II Prof. Dr. Hj. Zubaidah Amir MZ, M.Pd, Muhammad Absor, dan pimpinan SIKL. Diskusi diawali dengan penyampaikan rencana program, peluang dan persiapan-persiapan teknis untuk merealisasikan Memorandum of Agrement (MoA) antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sultan Syarif Kasim Riau dengan SIKL.

Diskusi secara Virtual ini menghasilkan satu kesepakatan untuk mensukseskan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Luar Negeri tahun 2024. Dalam sesi diskusi dan pembahasan program ini, pimpinan FTK melaporkan bahwa 1.500 mahasiswa akan mengikuti kegiatan PPL Tahun Akademik 2024-2025 termasuk untuk PPL Luar Negeri. Panitia PPL telah dibentuk untuk melaksanakan proses seleksi, pembinaan, pengurusan dokumen, penyiapan anggaran hingga pendampingan program. Kegiatan ini rencana akan dilaksanakan pada Semester Ganjil atau Semester 7 yang dimulai pada Juli 2024 selama 3 bulan.

Tahun 2023, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau telah berhasil melaksanakan PPL Internasional di Thailand Selatan di beberapa sekolah Islam melalui kerjasama dengan PERSATI. Keberhasilan PPL di Thailand Selatan ini telah mendorong sekaligus memotivasi fakultas dan mahasiswa untuk melaksanakan program serupa dengan SIKL, Malaysia. “Para pemimpin fakultas berharap agar pimpinan SIKL memfasilitasi program ini pada tahun 2024”, tegas Dr Amirah Diniaty.

Dr. Amirah Diniaty juga menyampaikan bahwa “program PPL ini akan menjadi role model bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan untuk mendapatkan pengalaman tersendiri ketika mereka melaksanakan program PPL di Luar Negeri”. Untuk PPL di SIKL, mahasiswa akan merasakan perbedaan budaya belajar di Malaysia meskipun menggunakan sistem pendidikan dan kurikulum Indonesia.

Selain PPL Internasional di SIKL, pembahasan juga mengerucut pada rencana dan implementasi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau ke Sanggar Bimbingan Belajar atau Community Learning Center (CLC). “Mahasiswa yang terpilih untuk program KKN diharapkan dapat memberi kontribusi positif kepada masyarakat sekitar sekolah, sehingga dapat dihitung sebagai bagian dari program KKN tingkat Internasional”, ujar Dr Amirah Diniaty.

Dr. Amirah Diniaty menutup pertemuan dengan harapan agar pembicaraan lebih lanjut dapat menjurus ke aspek teknis dan segera direalisasikan. Rencana ini diharapkan memberi nilai tambah signifikan bagi pengembangan kualitas pendidikan di kedua institusi. (L)