web analytics

Peringati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementrian Agama RI Ke-78, Rektor Prof. Khairunnas Rajab Berpesan Agar Menjaga Keharmonisan Dan Sikap Toleran Antar Sesama Anak Bangsa.

uin-suska.ac.id Dengan tema “Indonesia Hebat Bersama Ummat”. UIN Sultan Syarif Kasim Riau menggelar upacara memperingati HAB Kemenag RI ke-78 yang dilangsungkan di depan Gedung Rektorat pada hari Rabu, (3/1/24).

Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Prof. Khairunnas sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan bahwa dihari HAB ini adalah sebagai momentum untuk memupuk rasa persaudaraan dan kekeluargaan diantara sesama anak bangsa. Sesuai dengan tema yang diusung”Indonesia Hebat Bersama Ummat”. Artinya kementrian agama harus berkesinambungan membangun kepedulian pada ummat beragama.

“Dalam memperingati HAB yang ke-78 ini kita senantiasa harus berdoa dan bermunajat sekaligus bersukur  ke pada Allah Swt dengan harapan keharmonisan terus di bangun dan sikap toleran dan moderat adalah suatu sikap di Tengah-tengah, ajaran seperti ini telah tumbuh dan berkembang dan di ajarkan oleh Rasulullah saw artinya sikap saling menghargai dan menghormati patut di lestarikan karena kita ingin kedamaian dan kenyamanan dalam bermasyarakat dan bernegara” Tandasnya.

Lebih lanjut Prof. Kahirunnas mengungkapkan bahwa kementrian agama  sejauh ini telah merumuskan kebijakan- kebijakan yang berpihak kepada Masyarakat luas seperti layanan di bidang Pendidikan, bidang haji, bidang social keagamaan dan lain-lain. dia juga mengatakan bahwa bangsa Indonesia telah tumbuh dan berkembang didalam keragaman dan perbedaan dan itu dibutuhkan suatu kebersamaan dalam menghadapi berbagai persoalan, bahwa bangsa yang hebat adalah bangsa yang bermartabat.

Rangkaian acara selanjutnya adalah penyerahan Satyalencana Karya Satya kepada para ASN yang telah mengabdikan dirinya kepada masyarakat melalui tempat mereka mengabdi di UIN Suska Riau. Satyalencana Karya Satya ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Joko Widodo, pada tahun ini UIN Suska Riau memperoleh 10 ASN yang terdiri dari pengabdian 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun.

Kemudian di penghujung acara pada kesempatan ini Rektor dan pimpinan lainnya melaunching peresmian Klinik Pratama As- Syifa UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang di tandai pelepasan balon ke udara.

Tim Humas