web analytics

Tingkatkan Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam, Pemkot Dumai Tandatangani PKS dengan UIN Sultan Syarif Kasim Riau

uin-suska.ac.id Dalam rangka meningkatkan kualitas guru di Kota Dumai, khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai melaksanakan penandatanganan kerjasama (PKS) dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau bertempat di Ruang Rapat Senat UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Kamis (24/08/2023).
Hadir dalam kegiatan yang penuh keakraban ini, Wakil Rektor II UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Kepala Biro AAKK dan Plt. Kepala Biro AUPK, Dekan, Wakil Dekan I, II dan III Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Ketua dan Sekretaris PPG UIN Sultan Syarif Kasim Riau serta Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Dumai beserta rombongan.
Wakil Rektor II UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Dr. Mas’ud Zein, M.Pd., dalam sambutannya sangat mengalu-alukan kedatangan Pemkot Dumai di kampus madani UIN Sultan Syarif Kasim Riau. “Kami mengucapkan ahlan wa sahlan, selamat datang di UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Tentu ini menjadi kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami, karena kami tahu persis bahwa Pemkot Dumai memang dari lama sangat komit dengan pendidikan.” Ujar Dr. Mas’ud.

 

Lebih lanjut, Dr. Mas’ud juga menceritakan bahwa dirnya dulu juga pernah mengikuti penelitian pemetaan pendidikan Kota Dumai. Selain itu, banyak sekali mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kota Dumai. “Hal ini menunjukkan bahwa Pemkot Dumai sangat peduli dengan pendidikan, tidak hanya pendidikan umum tetapi juga pendidikan agama. Kami merasa tersanjung dengan pelaksanaan kerjasama ini, semoga dengan kerjasama ini akan menghasilkan guru-guru Pendidikan Agama Islam yang berkualitas guna menciptakan generasi yang cerdas, berkarakter dan berakhlak mulia.” Tegasnya.
Sementara iru, Sekretaris Daerah Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada UIN Sultan Syarif Kasim Riau atas kolaborasi dengan Pemkot Dumai dalam meningkatkan kapabilitas dan kualitas guru-guru agama di kota Dumai. “Keberadaan guru-guru agama di Kota Dumai merupakan nikmat yang tiada bandingnya, tanpa dedikasi guru pendidikan agama, entah kemana mau dibawa kemurnian dan kejayaan Islam.” Ujar Setdako.

Dalam kaitan itulah, Pemkot Dumai terus menggesa instrument untuk dapat meningkatkan kualitas guru agama melalui pendidikan profesi guru agama dengan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi, salah satunya UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Rangkaian kegiatan penandatanganan kerjasama ini diakhiri dengan pemberian cenderahati dari UIN Sultan Syarif Kasim Riau kepada Pemkot Dumai, foto bersama dan sesi diskusi.

Penulis : Nurazmi