web analytics

PBAK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU TAHUN 2023 RESMI DI BUKA REKTOR

uin-suska.ac.id UIN Sultan Syarif Kasim Riau kembali menggelar  Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2023 selama dua hari mulai hari rabu sampai selasa 21-22 Agustus 2023 bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

PBAK 2023 resmi di buka secara langsung oleh Rektor Prof Dr Khairunnas Rajab pada senin (21 Agustus 2023) dihadiri ole pimpinan di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau di antaranya wakil rektor l, ll dan lll, ketua senat universitas Prof Nazir, para dekan, kabiro AAKK dan AUPK, wakil direktur pasca sarjana, para ketua/kepala Lembaga, para wakil dekan lll, ketua sema dan dema di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Mengangkat Tema PBAK UIN Sultan Syarif Kasim Riau 2023 adalah “ Menjadi Generasi Milenial yang beriman dan bertaqwa, berakhlakul karimah, moderat, cerdas, dan unggul untuk menggapai UIN Sultan Syarif Kasim Riau yang Gemilang dan Terbilang”. UIN Suska Riau menerim sebanyak 4.545 mahasiswa baru dari berbagai fakultas dengan rincian sebagai berikut, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 1492 orang, Fakultas Psikologi sebanyak 175 orang, Fakultas Sains dan Teknologi sebanyak 355 orang, Fakultas Ushuluddin sebanyak 323 orang, Fakultas Pertanian dan Peternakan sebanyak 174 orang, Fakultas Ekonomi dan Sosial 777 orang dan Fakultas Shariah dan HUkum 759.

Dalam laporannya ketua panitia DR Sudianto, mengatakan PBAK 2023 berlangsung selama 4 hari , 2 hari universitas  dan selanjutnya di fakultas masing-masing. cukup sinergis melibatkan semua komponen di lingkungan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Ormawa,UKM, Menwa dan Pramuka terlibat juga dalam proses PBAK , dengan penuh keakraban, familiar dan profesional

“ Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya PBAK tahun ini. Dan kepada adik-adik mahasiswa baru supaya membuka diri karena  ini sudah jaman teknolog informasi, kampus ini adalah kampus Islami Madani dan apa Visi Misi Rektor untuk mencapai UIN Sultan Syarif Kasim Riau mohon adek-adek dukung yaitu Gemilang dan Terbilang. Kemudian  Jangan gengsi menjadi  mahasiswa  uin suska riau” ujar Sudianto.

Dan dilanjutkan dengan ketua senat universitas Prof M.Nazir mengatakan bahwa meyakini mahasiswa  sudah diterima di UIN Sultan Syarif Kasim Riau mampu dan  bisa dicetak SDM unggul adalah UIN Sultan Syarif Kasim Riau, karena dari 40ribu an  yang mendaftar dan di terima hanya 4545 mahasiswa baru. Pihak UIN Sultan Syarif Kasim Riau sudah merancang generasi SDM yang integrative yang menggabungkan ilmu umum dan ilmu islam.

“peminat di UIN Sultan Syarif Kasim Riau 40 ribu lebih yang ingin kulliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau,dan yang di terima hanya sekitar 5 ribu yaitu anda semua yang duduk didepan kami ini oleh karena itu kalian harus bangga menjadi mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau karena kalian sudah beruntung dapat diterima d UIN Sultan Syarif Kasim Riau” tandasnya.

Prof Nazir juga mendorong mahasiswa untuk memiliki akidah yg kokoh, ibadah yang mantap, karakter akhlakkul karimah, yg peka terhadap lingkungan , intelekual dan bermoral. sehingga nantinya dapat menjadi contoh di tengah lingkungan social kemasyarakatan.

Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau Prof Khairunnas Rajab, sebelum menyampaikan pidatonya dia memperkenalkan terlebih dahulu pimpinan kepada mahasiswa baru mulai dari dekan dan pejabat lainnya di depan mahasiswa.

Dalam pengarahannya Rektor menyambut baik mahasiswa baru dan mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan UIN Sultan Syarif Kasim Riau disamping itu mendorong mahasiswa baru untuk meraih prestasi akademik dan meraih berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh negara maupun swasta kepada para mahasiswa.dan mendorong mahasiswa baru agar lulus tepat waktu yaitu 8 semester.

“Ayo berprestasi berkontribusi , mengisi kemerdekaan ini dengan rasa dan tanggung jawab. Kalian  adalah mahasiswa yang diseleksi, sangat kompetitif. Setiap tahun  kwalitas penerimaan mahasiswa baru di benahi dan saya berharap kalian agar lulus tepat waktu,  harus disiplin dan tepat waktu, tidak boleh ragu, pandai memeneg waktu, responsibility yang kuat  baik kepada diri sendiri, keluarga dan masyarakat. InsyaAllah orang tua anda akan bangga,  kemudian anda ikhlas dalam mejalankan kehidupan dan jauhi prasangka,  juga mampu beradaptasi dengan lingkungan, jaga moral dan berakhlakul karimah InsyaAllah kalian akan sukses di masa depan ” ungkap prof Kharunnas Rajab.

Kemudian di lanjutkan dengan penyampaian materi-materi PBAK diantaranya bidang akademik,  bidang administrasi, pengenalan Lembaga kampus, bidang kemahasiswaan, kemudian orasi Danrem Wirabima Brigjen TNI Dany Racka, S,AP., M.HAN dengan tema “ Peran Generasi Muda dalam Menjaga NKRI” dilanjutkan moderasi beragama, pengenalan sistem informasi, Jasa Raharja, BSI dan BTN Syariah. Materi-materi tersebut di susun sebagai bentuk pengenalan nilai-nilai dan sistim yang ada di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Tim Humas

Editor : Amiruddin