web analytics

Satya Institute for Sustainability dan BAPPENAS RI Sepakati Kemitraan Strategis

uin-suska.ac.id Pekanbaru, [02/08/2023] — Satya Institute for Sustainability UIN Sultan Syarif Kasim Riau dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Republik Indonesia (RI) sepakat menjalin kemitraan strategis. Kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan Rektor UIN Suska Riau, Satya Institute, dan BAPPENAS RI di Jakarta, 31 Juli 2023.

Inisiatif kedua Lembaga bertujuan untuk akselerasi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. Kemitraan dirancang untuk menggabungkan keahlian dan sumber daya yang dimiliki oleh kedua lembaga. Inisiatif tersebut menunjukkan komitmen UIN Suska Riau, melalui Satya Institute, untuk meningkatkan kerjasama dalam dan luar negeri untuk mempercepat pencapaian 17 TPB. TPB memiliki empat pilar: pembangunan sosial, ekonomi, lingkungan, serta hukum dan tata kelola.

Direktur Satya Institute, Dr. Muhammad Fauzan Ansyari, MSc., menjelaskan bahwa Satya melakukan berbagai riset interdisiplin sesuai TPB, melibatkan peneliti dari berbagai bidang ilmu dan perguruan tinggi.

“Selain itu, Satya Institute berperan dalam edukasi masyarakat terkait isu-isu keberlanjutan, membangun kesadaran, pengetahuan, keterampilan, dan sikap keberlanjutan untuk mendorong perilaku dan praktik berkelanjutan,” ujarnya di Gedung BAPPENAS RI.

Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. H. Khairunnas Rajab, saat mendamping Satya Institute bertemu pejabat Bappenas RI, menyampaikan ucapakan terima kasih atas dukungan Seknas TPB BAPPENAS dan kesediaan melibatkan Satya Institute dalam program-program TPB Bappenas di Indonesia.

“UIN Suska Riau telah berpengalaman lebih satu dekade mengembangkan energi bersih, salah satu satu target dalam TPB,” ucapnya.

Kontribusi UIN Suska Riau pada pengembagan energi bersih dibuktikan dengan membuka kurikulum energi berkelanjutan sejak 2010. “Sebagai hasil dari upaya tersebut, lulusan UIN Suska Riau telah berkontribusi dalam membangun lebih separoh pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap di Indonesia,” katanya.

Manajer Pilar Lingkungan di BAPPENAS RI, Dr. Rachman Kurniawan, M.Si. menyambut antusias inisiatif Satya Institute dan kontribusi UIN Suska Riau dalam pembangunan berkelanjutan.

“Dengan bergabungnya Satya Institute, maka UIN Suska Riau menjadi salah satu dari hanya tiga mitra strategis BAPPENAS di lingkungan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia,” kata Rachman. Dengan demikian, “Satya Institute telah menjadi bagian dari SDGs Hub BAPPENAS RI” tegasnya.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan komitmen kedua Lembaga untuk berdiskusi Kembali mempersiapkan tindakan-tindakan nyata dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara nasional.

Penulis: Muhammad Fauzan Ansyari

Editor: Kunaifi