web analytics

Satya Institute for Sustainability UIN Suska Riau Bergabung dengan Program Perserikatan Bangsa-Bangsa

Pekanbaru, [26/07/2023] — Satya Institute for Sustainability UIN Suska Riau (Satya) sekali lagi menunjukkan komitmennya yang teguh terhadap pembangunan berkelanjutan. Sebagi sebuah institut di UIN Sultan Syarif Kaism Riau, Satya telah disetujui menjadi anggota resmi dari Higher Education Sustainability Initiative (HESI). Setelah bergabung dengan HESI, Satya kini telah memenuhi syarat untuk terlibat dalam berbagai kegiatan berorientasi keberlanjutan dan mengerjakan proyek-proyek signifikan di bawah HESI.

HESI adalah sebuah kemitraan antara komunitas pendidikan tinggi dan beberapa entitas di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). HESI mengakui institusi-institusi yang berdedikasi dalam mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan dan mendorong masa depan yang lebih baik bagi komunitas global.

Dr. Muhammad Fauzan Ansyari, MSc., Direktur Satya, menyatakan kegembiraan mendalam atas tonggak bersejarah ini, dengan mengatakan, “pencapaian ini tidak hanya mengukuhkan posisi Satya sebagai pelaku aktif dalam bidang keberlanjutan, tetapi juga menempatkan Satya di panggung internasional, dalam berperan sebagai entitas penting dalam membentuk dunia yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.”

Satya Institute for Sustainability UIN Suska Riau adalah lembaga yang berkontribusi dalam mewujudkan dunia yang berkelanjutan, damai, makmur, baik sekarang maupun di masa depan. Satya fokus berkegiatan dalam mencapai delapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB. Kegiatan Satya mencakup pengentasan kelaparan, memperomosikan kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan berkualitas, dan energi bersih. Selain itu, Satya juga mengupayakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, aksi-aksi iklim, kedamaian dan keadilan, serta kerjasama untuk pencapaian tujuan. Untuk melaksanakan misi tersebut, Satya melakukan penelitian, konsultansi, dan pelatihan. Saat ini Satya dibina oleh tujuh orang pakar dengan reputasi internasional.

Rektor UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. Khairunnas, M.Ag. meyambut gembira bergabungnya Satya ke dalam HESI. “Kami percaya bahwa UIN Suska Riau telah dan akan memainkan peran penting dalam mendorong perubahan positif di dalam masyarakat, dan sebagain bagian dari HESI, terbuka banyak peluang bagi Satya untuk berkontribusi lebih besar dalam mewujudkan UIN Suska Riau yang gemilang dan terbilang,” ujarnya.

Sebagai anggota HESI, Satya memiliki keistimewaan untuk berkolaborasi dengan institusi-institusi sejawat yang se-visi, berpartisipasi dalam berbagai platform pengetahuan, dan berkontribusi pada proyek-proyek unggulan di bawah HESI.

Penulis: Kunaifi.