web analytics

2846 Camaba Siap Ikuti Ujian CAT Mandiri

uin-suska.ac.id Pelaksanaan ujian penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau tahun ajaran 2023/2024 melalui jalur Computer Assisted Test (CAT) Mandiri resmi dimulai, Selasa (11/7/2023).
Seleksi CAT Mandiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa sesi terakhir dan diikuti oleh 2846 peserta ujian. Banyaknya peserta ujian ini mengingat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau memiliki alumni-alumni yang berkiprah baik di dunia kerja dan masyarakat, ditambah lagi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau memiliki karakter kurikulum sendiri yaitu kompetensi ke-Islaman, dimana mahasiswa diwajibkan menghafal surat-surat dalam Al-Quran, Doa, bacaan sholat dan praktek ibadah selain juga belajar materi-materi yang membentuk kompetensi ke-Islaman.

Wakil Rektor I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. Hj. Helmiati, M.Ag mengungkapkan bahwa teknik, model dan mekanisme penyelenggaraan seleksi CAT Mandiri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sama dengan seleksi nasional lainnya. “Di sistem seleksi nasional menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE), kita juga menggunakan sistem yang sama, Computer Assisted Test (CAT). Bahkan di kita lebih maju karena nilainya muncul langsung setelah selesai menjawab soal.” Ujar Helmiati.
Lebih lanjut, Prof Helmiati berharap melalui seleksi yang berbasis elektronik ini dapat menjaring mahasiswa yang memiliki potensi baik sehingga bisa mengembangkan menjadi kompetensi yang baik.
Pelaksanaan ujian CAT Mandiri dilaksanakan selamat tiga hari, 11 hingga 13 Juli 2023, yang tersebar pada 12 Labor baik di Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) maupun di Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Dalam satu hari ujian ini dibagi menjadi lima sesi dan satu sesi diikuti oleh 20 orang. Adapun kuota jalur CAT Mandiri hanya 20% dari total keseluruhan kuota.

Penulis : Azmi