web analytics

PULUHAN MAHASISWA UIN SUSKA RIAU IKUTI SELEKSI BEASISWA JALUR TAHFIZ PEMPROV RIAU

uin-suska.ac.id Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengadakan seleksi beasiswa jalur prestasi tingkat Perguruan Tinggi, kegiatan ini dilaksanakan selama 3(tiga) hari  mulai dari hari Selasa ,5 Oktober s.d Kamis,7 Oktober 2021, seleksi untuk UIN Suska Riau sendiri dilaksanakan pada hari ini,Rabu,6 Oktober 2021 bertempat di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Beasiswa melalui jalur Prestasi ini terdiri dari 2 kategori yaitu dari kategori tahfiz qur’an  dan kategori berdasarkan  nilai Indek Prestasi Komulatif( IPK)  minimal 3.00 (tiga koma nol), untuk kategori  tahfiz, seleksinya  dilaksanakan  pada semester 1( satu),  sedangkan kategori  IPK dilaksanakan  pada semester III (tiga), untuk tahfiz sendiri, peserta  harus hafal minimal 3 (tiga )  juz dengan kriteria yang telah ditentukan oleh tim penguji

Seperti yang disampaikan oleh Murziandri Saputra,M.Pd selaku Kasubbag Pendidikan di  Dinas Pendidikan Provinsi Riau bahwa ada beberapa Perguruan Tinggi yang mengikuti Seleksi Beasiswa tahfiz ini, diantaranya UIN Suska Riau, UMRI, UNRI, PCR, UNILAK, dan UIR. UIN Suska Riau mengirimkan peserta sebanyak  83 orang dan yang akan diterima sebanyak 14 orang, adapun peserta yang mengikuti seleksi ini adalah mahasiswa semester 1 (satu) angkatan 2021.

Hasil seleksi akan diumumkan melalui  Surat Keputusan (SK) dari  Sekretaris Daerah ( Sekda) Provinsi Riau,evaluasi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus  akan dilaksanakan di setiap akhir semester,berdasarkan IPK yang diraih oleh mahasiswa. Kebijakan  ini masih disusun oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Selain bertujuan untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa,seleksi tahfiz ini juga bertujuan untuk mencari bibit – bibit unggul yang akan mengharumkan nama Provinsi Riau diajang Nasional nantinya,seperti SSQ dan MTQ baik itu ditingkat Provinsi maupun tingkat Nasional.

Mengenai Pembinaan mahasiswa penerima beasiswa akan diserahkan pengelolaannya kepada perguruan tinggi tersebut, terakhir Dinas Pendidikan Provinsi Riau memohon dukungan kepada  Perguruan Tinggi yang ikut bekerja sama dalam kegiatan ini, ujar Murziandri.

Penulis             : Muzaiyanah

Photografer     : M.Huzaini

Editor              : Kssubag Humas