web analytics

PELEPASAN MAHASISWA PPL FTK UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (FTK UIN Suska Riau) Dr. Kadar., M.Ag melepas secara resmi peserta Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) FTK UIN Suska Riau Tahun 2021. (04/10/2021)

Pelepasan ini dihadiri perwakilan mahasiswa peserta PPL di Green Lounge FTK UIN Suska Riau secara simbolis. Pelepasan yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom serta ditayangkan di kanal YouTube. Turut hadir dalam pelepasan mahasiswa PPL kali ini adalah Ketua Panitia PPL Dr. Dicki Hartanto, S.PI, MM, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dr. Eng. Yusri, S. Pd., M.T, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dr. Ismardi Ilyas., M.Ag, Kepala Subbag Tu Kemenag Kota Pekanbaru Abdul Wahid., S.Ag M.Ikom, perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Zaid Afkar.  

Rektor mengapresiasi penyelenggaraan PPL secara daring. Menurutnya, dalam masa Pandemi Covid-19 ini, civitas akademika harus berupaya optimal dan melakukan terobosan terkait proses belajar mengajar seperti PPL daring ini. “Pandemi ini, kita belum tau kapan berakhir. Mari kita ambil hikmah dari pandemi ini. Kita harus mampu mengedukasi masyarakat, bukan malah menakut-nakutinya. Kita harus tetap optimis dan semangat dalam suasana apapun,” ungkapnya.

Prof Dr. Khairunnas Rajab., M.Ag juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Sekolah, Instansi, lembaga yang telah menerima mahasiswa PPL UIN di unit masing-masing. “Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu sekalian. Semoga kerja kita ini menjadi amal soleh untuk kemajuan bangsa Indonesia” tambahnya.

PPL berlangsung selama 40 hari kedepan dan akan dilakukan penarikan mahasiwa dari sekolah pada 12 November 2021. Tercatat sebanyak 2093 mahasiswa peserta PPL 2021.

Dekan FTK Dr. Kadar., M.Ag mengatakan, PPL ini merupakan salah satu bentuk aktualisasi dan tanggung jawab FTK terhadap pembangunan SDM. “PPL merupakan salah satu media bagi mahasiswa untuk menjadi tenaga profesional. Sebelumnya, mahasiswa sudah dibekali teori untuk mengajar selama 6 semester. Tentunya (PPL) juga diberi arahan dan motivasi dari guru di sekolah, guru pamong  dan dosen pembimbing lapangan,” terangnya.

“Mahasiswa FTK yang melakukan PPL Tahun 2021 memiliki keistimewaan dikarenakan setiap mahasiswa telah dibekali asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan, adapun manfaat yang diperoleh dengan adanya asuransi bagi setiap mahasiswa yang melakukan PPL pada tahun ini yakni untuk meminimalisir resiko jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama PPL  Dengan adanya asuransi mahasiswa menjadi tenang dalam melakukan PPL karena telah dibekali asuransi oleh BPJS Ketenagakerjaan” tambah Kadar.

Dia berharap, peserta PPL dapat mengikuti dan menyesuaikan dengan arahan serta teknis pembelajaran di setiap sekolah, Instansi, lembaga selama masa pandemi, serta menjaga nama baik almamater. Kegiatan pelepasan PPL FTK UIN Suska Riau secara daring ditutup dengan pembacaan doa oleh Agus Windra

Penulis             : Mukhtar

Fotografer       : Lasma

Editor              : Kasubag Humas