web analytics

PENTINGNYA USER EDUCATION DI PERPUSTAKAAN UIN SUSKA RIAU

uin-suska.ac.id Dimasa pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap pelayanan pendidikan maka dari itu, pelayanan yang ada di perguruan tinggi sangat penting seperti halnya perpustakaan harus mampu bertransformasi di masa pandemi ini. Agar tetap dapat di akses oleh pemustaka diperguruan tinggi tersebut. Perpustakaan merupakan Fasilitas yang dibutuhkan untuk memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka merupakan bagian dari sarana prasarana yang harus tersedia di perpustakaan.

Oleh karena itu, UIN Suska Riau kembali menggelar Library User Education yang ditaja oleh Perpustakaan UIN Suska Riau dengan tema“ Strategi Pelayanan Pendidikan, Perpustakaan dan SDM Dimasa Pandemi Covid-19”. Kegiatan ini berlangsung  secara daring melalui Youtube official UIN Suska Riau dan luring yang di pusatkan di Auditorium lantai V Gedung Rektorat UIN Suska Riau Selasa (4/10/2021). Turut hadir dalam kegiatan ini Rektor UIN Suska Riau, Wakil Rektor II,Wakil Rektor III, Kepala Biro AUPK, Kepala Pustaka, Ketua Ma’had Al Jamiah.

Prof. Dr. H. Hairunas, M.Ag selaku Rektor UIN Suska Riau secara resmi membuka kegiatan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan dan semoga bisa memberikan manfaat untuk mahasiswa baru. Pustaka adalah sebagai jantung akademik pada UIN Suska Riau dan bukan hanya pada UIN Suska Riau akan tetapi di Universitas maju pada hari ini pustakanya pastilah jauh lebih memadai.

“Kami sangat bangga dan berbesar hati ketika kepala perpustakaan nasional berbagi ilmu dalam rangka memberikan ruang gerak yang serba cepat kepada insan-insan akademik di UIN Suska Riau ini. Saat ini UIN Suska Riau tengah menggalakkan sebuah sistem yang di sebut dengan digitalisasi kampus dan pustaka harus menjadi bagian untuk memacu civitas akademika UIN Suska Riau. UIN Suska Riau Tidak hanya memiliki bentuk fisik dari pepustakaan tapi juga memiliki link-link yang secara bersinergi bisa digunakan secara digital oleh seluruh civitas akademika” ungkap Hairunas.

Selanjutnya Kepala Pustaka Dr. H. Muhammad Tawwaf, S.IP., M.Si dalam sambutannya bahwa kegiatan Library user education ini diikuti oleh hampir 5.000 peserta yang mengenyam pendidikan di UIN Suska Riau. “Dengan diadakannya kegiatan ini bisa memberikan mereka pemahaman bagaimana cara mengakses koleksi-koleksi yang dimiliki ratusan perpustakaan yang tergabung dalam E-Resources” ujar Tawwaf.

Kegiatan ini menghadirkan keynote speaker Drs. Muhammad Syarif Bando, MM (Kepala Perpustakaan Nasional RI) narasumber ahli Dr. Suriani, S. Ag.,M.Si (Pustakawan Madya UIN Suska Riau), Hj. Rasdanelis, S.Ag., SS., M.Hum (Pustakawan Madya UIN Suska),Khaidir Alimin, S.Ag.,SS.,M.Si (Pustakawan Madya UIN Suska)

Pentingnya memberikan pendidikan kepada pemustaka untuk pertama kalinya serta memberikan pemahaman dan pengertian mengenai sumber-sumber perpustakaan, yang didalamnya termasuk pelayanan dan  sumber informasi yang saling terkait dan bagaimana cara menggunakan sumber-sumber yang ada di perpustakaan UIN Suska Riau. Dengan begitu, diharapkan mahasiswa UIN Suska Riau dapat menggunakan perpustakaan dengan baik dan dapat membantu pemustaka melakukan penelusuran secara cepat, tepat dan efisien.

Penulis                : Sri

Fotografer          : Muzai

Editor                 : Kasubag Humas