web analytics

SEMANGAT PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA DI MASA PANDEMI COVID-19

uin-suska.ac.id mengenang dan mengingat jasa-jasa para pahlawan dalam berjuang mempertahankan kedaulatan Bangsa dan Negara jangan pernah surut dan kendor. Meskipun dunia dan bangsa ini sedang dilanda musibah pandemi Covid-19 yang menyebabkab keterbatasan ruang dan gerak kita untuk berbuat dan bekerja. Namun hal itu jadikan penyemangat dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2021 ini. Pimpinan UIN Suska Riau menjadikan momentum perjuangan ini sebagai hari bersejarah dan dikenang, sehingga tetap menyaksikan pelaksanaan upacara secara kenegeraan melalui youtube dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di gedung Pancasila Jakarta. Kegiatan menyaksikan upacara pada pagi Jum’at, (01/10/2021) bertempat di ruang rapat pimpinan lantai IV gedung Rektorat UIN Suska Riau dan dihadiri  oleh Rektor, Wakil Rektor, Direktur dan Para Dekan serta Kepala Birodi lingkungan UIN Suska Riau.

Dengan penuh semangat untuk menyaksikan upacara peringatan hari kesaktian pancasila pada tahun 2021 ini, semua pimpinan UIN Suska Riau telah hadir 10 menit sebelum upacara dimulai dan mereka menggunakan Pakaian Sipil Lengkap (PSL). Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan surat edaran Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI Nomor 23 tahun 2021 dengan tema hari kesaktian pancasila tahun 2021 “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”. Dan untuk mengikuti upacara peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2021 pada daerah level 3 dan 4 hanya melalui siaran Televisi Republik Indonesia (TVRI) atau siaran langsung di kanal Youtube Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pelaksanaan kegiatan upacara ini tergolong singkat, namun tidak mengurangi makna yang terkandung dari kejadian yang terjadi 56 tahun yang lalu. meskipun masih dalam suasana covid-19, momen bersejarah ini tetap bisa kita dijadikan sebagai pelajaran dan tonggak untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan bermartabat di mata dunia.

Penulis : M. Huzaini

Foto : Muzaiyanah

Editor : Kasubag Humas