web analytics

PELATIHAN DAN EVALUASI KUALITAS REALISASI PELAKSANAAN ANGGARAN DAN TATA KELOLA BLU TAHUN 2021

uin-suska.ac.id Di era modernisasi seperti saat ini teknik pengelolaan keuangan semakin berkembang pesat maka dari itu UIN Suska Riau terus berupaya untuk meningkatkan kinerja dengan mengadakan pelatihan di bidang keuangan yaitu dengan tema “ Pelatihan Dan Evaluasi Kualitas Realisasi Pelaksaan Anggaran Dan Tata Kelola Blu UIN Suska Riau Tahun 2021”. Kegiatan ini dilaksanakan  di Auditorium lantai V Gedung Rektorat UIN Suska Riau Selasa (28/9/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini  Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III, Kepada Biro, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Riau dan Dekan di lingkungan UIN Suska Riau dan Bendahara pengeluaran/penerimaan serta staf pengelola keuangan yang ada dilembaga dan unit. Peserta yang hadir tetap mentaati dan menerapkan Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 seperti menggunakan masker selama kegiatan berlangsung.

Wakil Rektor I UIN Suska Riau, Dr. Helmiati, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu visi yang diemban oleh UIN Suska Riau adalah terwujudnya tata kelola universitas yang baik, ini adalah visi yang diemban sekaligus menjadi sasaran strategis yang akan diwujudkan. Tata kelola tidak hanya mencakup tata kelola administrasi akademik dan pengembangan kelembagaan, tata kelola kemahasiswaan tetapi juga mencakup tata kelola administrasi dan keuangan.

“Tanpa tata kelola yang baik  dan belum optimal sulit mewujudkan misi-misi yang lain terutama yang terkait dengan pelaksaan Tri Dharma perguruan tinggi, sebagai contoh dosen yang telah melaksanakan tugas akademik tapi kita tidak mampu mewujudkan balas jasa yang sesuai dengan waktunya, sehingga terkadang inilah yang bisa membuat menurunkan motivasi mereka untuk bekerja. Dan harapan kita untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing dan excellent akan menjadi sulit untuk di wujudkan” Pungkas Helmiati.

Sementara itu, Ismet Saputra selaku Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Riau “Visi dan Misi UIN Suska Riau ke depan sangat luar biasa untuk dapat mewujudkan tata kelola BLU yang baik, maka kita harus mengubah mindset kita untuk membangun entrepreneurship yaitu bagaimana membangun orang disekeliling organisasi dalam pelayanan dan menjadi preneurship dalam suatu organisasi” papar Ismet.

Untuk meningkatkan kompetensi dan mempercepat pemahaman  terhadap aspek-aspek yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan UIN Suska Riau, kegiatan pelatihan ini menghadirkan dua narasumber handal yang akan memaparkan materi. Narasumber ke-1 Imam Santoso (DJPB Propinsi Riau) dengan materi “ Evaluasi Kualitas Pelaksana Anggaran Tahun 2021 UIN Sultan Syarif Kasim Riau”, Narasumber ke-2 Irham Buana Putra (DJPB Propinsi Riau) dengan materi “Tata Kelola Badan Layanan Umum”.

 Penulis : Sri

Fotografer : Indah

Videografer : Muzai

Editor          : Kasubag Humas