web analytics

UIN SUSKA RIAU TEKEN MoU DENGAN 24 PONDOK PESANTREN SE RIAU

uin-suska.ac.id Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau menjalin kerja sama dengan melibatkan 24 Pondok Pesantren Se-Riau. Dalam meningkatkan kualitas pengembangan pendidikan di bidang keagamaan, kedua belah pihak telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) yang diselenggarakan di Auditorium lantai V Gedung Rektorat UIN Suska Riau, (27/9/2021). Penandatanganan MoU juga dilaksanakan secara Virtual melalui aplikasi zoom. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor  III, Kepala Biro AUPK, Kepala Pusat Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau, Ketua Panitia, Pimpinan dari beberapa pondok pesantren.

Adapun  pondok pesantren yang ikut dalam penandatangan MoU di UIN Suska Riau berjumlah 24 pondok pesantrren terdiri 10 pesantren dari Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar 4 pesantren,  Kabupaten Rokan Hulu 3 pesantren, Kabupaten Dumai 3 pesantren, Kabupaten Siak 1 pesantren, Kabupaten Bengkalis 3 pesantren.

Dr. Azni, S.Ag, M.Ag. sebagai Kepala Pusat Ma’had Al-Jamiah UIN Suska Riau dalam sambutannya menyampaikan  Ma’had al-Jami’ah atau Pesantren Kampus UIN Sultan Syarif Kasim Riau merupakan lembaga pembinaan mahasiswa dalam bidang keagamaan, dan keterampilan khusus dan  tetap menjadikan jati dirinya sebagai lembaga pesantren kampus. Secara umum tujuan Ma’ahad ini adalah untuk pembinaan dasar-dasar keislaman, kemampuan bahasa asing dan mengembangkan keterampilan khusus lainnya yang ada pada seorang mahasiswa.

Sementara itu dalam sambutannya Wakil Rektor III Edi Erwan, S.Pt., M.Sc., Ph.D menyampaikan kedepannya dasar-dasar keislaman  akan menjadi rencana strategis UIN Suska Riau sehinnga hal tersebut menjadi  keunggulan dalam integrasi ilmu pengetahuan.     “ Dengan adanya penandatanganan MoU ini bisa membantu UIN Suska Riau mengantarkan mahasiswa yang dibina supaya menguasai ilmu keislaman sehingga kita berharap mahasiswa yang keluar dari UIN Suska Riau ini tidak hanya memiliki ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki kepribadian dan akhlak yang baik” tegas Edi.

Dalam penandatangan MoU dengan pondok pesantren ini Mutasir, SHI.,M.Sy sebagai Ketua panitia menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan MoU adalah untuk melaksanakan pembinaan mahasiswa yang ada di lingkungan UIN Suska Riau dan akan melibatkan langsung para kiyai, ustad dari pondok pesantren. “Untuk itu kami berharap dengan adanya kerjasama dalam pembinaan ini setelah mahasiswa keluar dari UIN tidak ada lagi mahasiswa yang tidak bisa memahami dan membaca Alquran” ujar Mutasir.

Penulis : Srihastuti

Fotografer : Indah Puspita Sari

Video : M. Huzaini

Editor  : Kasubag Humas