web analytics

UIN SUSKA RIAU SIAP LAKSANAKAN WISUDA ONLINE

 

uin-suska.ac.id Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum kunjung selesai membuat beberapa agenda kegiatan di UIN Suska Riau tertunda tidak bisa dilaksanakan. Salah satu diantara agenda penting adalah pelaksanaan wisuda bagi mahasiswa yang telah melaksanakanan ujian akhir munaqasyah. Sehingga membuat daftar tunggu mahasiswa yang akan melaksanakan wisuda begitu banyak dan panjang. Hal ini membuat Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag lansung mengambil kebijakan dan keputusan bahwa semua mahasiswa yang hingga saat tertunda dan sedang menunggu antrian pelaksanaan wisuda harus disegerakan wisudanya dengan sistem online.

IMG_6223

Pihak Akademik UIN Suska Riau sebagai pelaksana wisuda mulai menyusun langkah-langkah dan persiapan yang matang agar pelaksanaan wisuda online yang baru kali ini dilaksanakan berjalan dengan lancar. Menurut Kabag Akademik, Rinayeni, S.Sos, dalam wawancara dengan tim Humas mengatakan bahwa pelaksanaan wisuda online yang akan dilaksanan ini ada enam periode. Diantara enam periode tersebut dua periode merupakan peserta wisuda yang tertunda dan empat periode merupakan pelaksanaan wisuda yang dimajukan. Adapun dua periode yang tertunda adalah wisuda priode III dan IV tahun akademik 2020/2021 yang seharusnya dilaksanakan di bulan Februari dan April 2021. Sedangkan pelaksanaan wisuda yang dimajukan adalah wisuda priode V tahun akademik 2020/2021 yang seharusnya dilaksanakan di bulan juni 2021 dan wisuda priode I, II serta III tahun akademi 2021/2022 yang seharusnya dilaksanakan pada bulan September, November 2021 serta Februari 2022, terang Rina.

IMG_6235
Lebih lanjut Rina menjelaskan bahwa selain pelaksanakan secara online juga akan dilaksanakan secara offline yang Insya Allah akan dilaksanakan di Auditorium lantai V Rektorat UIN Suska Riau. Pelaksanaan secara offine ini akan dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor I, II dan III, perwakilan Anggota Senat, Pemuncak masing-masing Fakultas dan Program Pascasarjana, mahasiswa Program Doktor dan narasumber orasi ilmiah.

IMG_6260

IMG_6277

IMG_6262
Dalam pelaksanaan wisuda online ini pihak Akademik bekerjasama dengan bagian umum dan Pusat Teknologi Informasi dan Penolahan Data (PTIPD) serta Humas. Dimana pihak Akademik mempersiapkan seluruh administrasi pelaksanaan wisuda, bagian umum bagian perlengkapan sedangkan PTIPD dan Humas adalah bagian pelaksanaan zoomnya. Untuk lebih mematangkan pelaksanaan wisuda online nantinya, pihak akademik terlebih dahulu menjadwalkan untuk pelaksanaan gladi resik yang dimulai pada Kamis (17/06/2021) hingga Sabtu (19/06/2021). Sedangkan pelaksanaan wisuda onlinennya akan dimulai pada Senin (21/06/2021) hingga Sabtu (26/06/2021) dengan total mahasiswa yang akan diwisuda berjumlah 4.800 orang.

IMG_6211
Rina berharap, dengan melihat suksesnya pelaksanaan gladi resik pada tiga hari terakhir ini semoga pelaksanaan wisuda onlinenya nanti juga bisa sukses. “Kami pihak akademik sudah berusaha semaksimal mungkin melengkapi segala administrasi, demikian juga bagian-bagian lain telah bekerja keras dalam mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar bisa suksesnya wisuda online ini. Jadi secara administrasi dan kelengkapan peralatan penunjang onlinenya kita sudah siap 100%”. Jelas Rina.

Penulis : M. Huzaini
Foto : Sukmawati
Editor : Nurazmi